11 Aturan Makan di Berbagai Negara Yang Perlu Kamu Ketahui

Setiap negara pasti memiliki aturan yang berbeda-beda mulai dari aturan yang berkaitan dengan ekonomi, pemerintahan, hukum dan lainnya. Tidak kalah penting yang harus ada untuk mengatur masyarakat di suatu negara tersebut adalah aturan terkait dengan sikap, salah satunya yaitu aturan bagaimana cara makan yang baik dan benar.

Kegiatan makan tidak hanya sekedar mengunyah makanan sampai makanan tersebut ditelan tetapi pasti ada adabnya. Terkait dengan sopan santun ketika makan pasti menjadi hal yang perlu dipelajari apalagi jika makan bukan di wilayah tempat tinggal kita, pastinya setiap wilayah bahkan negara memiliki tradisi tertentu.

Nah, pastinya kamu perlu tahu bagaimana aturan makan di berbagai negara yang unik sehingga pada saat kamu liburan ke luar negeri sudah tahu aturan yang diterapkan di negara tersebut. Jangan sampai kamu menyalahi aturan makan yang sudah ditetapkan di negara tersebut.

Berikut ini aturan makan di berbagai negara yang perlu kamu ketahui:

1. Di negara Thailand Garpu Hanya Digunakan sebagai Alat Perantara untuk Makan

garpu untuk makan
(pixabay.com)

Biasanya di negara Thailand garpu digunakan sebagai alat bantu makan saja. Pastinya sudah tidak heran lagi jika makan menggunakan garpu dan sendok jika di Indonesia. Masyarakat Thailand mempercayai jika makan menggunkan garpu secara langsung kurang bagus karena garpu dianggap kurang bersih.

Rekomendasi artikel -> Cara Makan Menggunakan Garpu dan Pisau yang Benar

2. Di Jepang, Melahap Mie Sambil Bersuara Merupakan Hal yang Wajar

makan mie di jepang
(hellosehat.com)

Jika kita berbicara di Indonesia terlebih dahulu setiap orang yang makan sebaiknya tidak boleh sambil berbicara karena dianggap kurang sopan. Berbeda dengan negara Jepang masyarakat makan mie sambil mengeluarkan suara merupakan ungkapan bahwa kamu sangat menikmati hidangan yang sedang disajikan.

3. Di Jepang Jangan Pernah Menancapkan Sumpit di Atas Nasi

menancapkan sumpit di nasi
(olympic.ca)

Biasanya jika di negara Jepang dan China banyak orang yang makan menggunakan sumpit. Namun, kamu perlu tahu pada saat makan menggunakan sumpit jangan pernah menancapkan sumpit di atas nasi karena menusukan sumpit secara tegak lurus merupakan simbol penghormatan di agama Budha.

4. Di Timur Tengah Makan Menggunakan Tangan Kiri Merupakan Penghinaan

Di Timur Tengah makan dengan tangan kiri merupakan hal yang tidak sopan dan dianggap sebagai penghinaan bagi tuan rumah. Sebenarnya bukan hanya tidak sopan tetapi jika menurut ajaran islam makan dengan tangan kiri sangat dilarang oleh agama karena banyak kerugiannnya.

Baca juga -> Manfaat Makan Menggunakan Tangan dibandingkan Sendok

5. Di China Makan Dengan Bersih atau Habis Termasuk Tidak Sopan

piring bersih
(restaurantbusinessonline.com)

Jika di Indonesia siapapun yang bertamu ataupun makan yang paling baik adalah sampai habis jangan menyisakan sedikitpun makanan. Namun, berbeda dengan masyarakat di China jika di sana makan sampai habis dianggap tidak sopan karena seperti suatu penghinaan bagi tuan rumah.

Jika kamu sedang berada di China apalagi jika diundang dalam suatu kegiatan yang mewakili negara Indonesia lebih baik kamu menyisakan sedikit makanan di piring sebagai bentuk apresiasi untuk tuan rumah.

6. Di Italia Dilarang Minum Susu Setelah Makan

minum susu setelah makan di italia
(sandandorsnow.com)

Di Italia minum susu setelah makan dipercaya dapat meningkatkan berat badan dan jika dikonsumsi pada malam hari dapat mengganggu sistem pencernaan seperti sembeli, diare dan lainnya. Untuk itu jika ingin minum susu lebih baik berapa jam sebelum atau setelah makan pagi atau siang.

7. Di Portugal Dilarang Meminta Garam dan Merica

meminta garam dan merica
(myrecipes.com)

Jika di Indonesia kalau kita menyantap makanan ada yang kurang kita bisa meminta kepada pegawai yang ada di restoran. Namun, berbeda di negara Portugal jika pengunjung meminta garam atau merica atau bumbu tambahan lainnya dianggap tidak menghargai koki yang ada di restoran tersebut.

8. Di Prancis Hindari Meletakkan Tangan di Atas Paha

Saat sedang makan bersama, usahakan kamu meletakan tangan di atas meja agar orang lain dapat melihat tangan kamu dengan jelas. Walaupun kamu sudah selesai makan usahakan jangan sampai meletakan tangan di atas paha jika sedang berada di negara Prancis.

Selain itu, pada saat kamu menyantap hidangan roti jangan pindahkan roti di atas piring jika belum akan memakannya. Sobeklah roti menjadi potongan yang lebih kecil-kecil terlebih dahulu.

9. Di Spanyol Pada Saat Selesai Makan Jangan Terburu-Buru Meninggalkan Tempat Makan

langsung meninggalkan makan
(pixabay.com)

Sebenarnya bukan hanya di Indonesia yang terdapat aturan bahwa selesai makan jangan langsung pergi meninggalkan tempat makan yaitu di negara Spanyol. Sudah menjadi kebiasaan di negara Spanyol setelah selesai makan lebih baik tunggu beberapa menit kira-kira makanan sudah dicerna oleh tubuh.

Apakah kamu tahu Jenis Restoran Terpopuler?

10. Di Jerman Jangan Gunakan Pisau Untuk Memotong Kentang Tapi Pakailah Garpu

aturan makan di jerman
(flickr.com)

Pada saat kamu makan di Jepng dan makanannya adalah kentang gunakan garpu untuk memakannya dan jangan dipotong menggunakan pisau. Karena jika kamu menggunakan pisau untuk memotong kentang terlihat seolah-olah kentang etrsebut belum matang.

Biasanya masyarakat di Jerman untuk mempermudah makan kentang hal yang dilakukn adalah menghancurkan terlebih dahulu kentang kemudian akan lebih mudah untuk di makan.

11. Di Korea Jika Menerima Makanan dari Orangtua Gunakan Kedua Tangan

Tidak sedikit sekarang ini orang tua yang bekerja sebagai pelayan di suatu restoran, untuk itu kita sebagai generasi muda harus menghormatinya. Tidak hanya di Indonesia menghormati orang tua adalah kewajiban setiap orang tetapi seluruh ajaran agama tentunya mengajarkan kita untuk menghormati orang tua.

Jika kamu makan di Korea dan yang mengantarkan makan adalah orang tua lebih baik kamu menggunakan tangan kanan pada saat menerimanya. Kemudian jika kamu makan bersama orang tua biarkanlah orang tua yang menyantap makanannya terlebih dahulu.

Itulah 11 jenis aturan makan dari berbagai negara yang perlu untuk kamu ketahui. Apakah kamu mengetahui peraturan dari negara lainnya yang belum dituliskan di atas? Kalo kamu tahu, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar ya. Selamat makan