Cara Makan Steak Menggunakan Garpu dan Pisau yang Benar

Steak merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Banyak jenis steak mulai dari daging sapi, ayam maupun ikan kemudian diolah dengan cara dibakar  baik di atas bara atau menggunakan oven. Ada banyak jenis steak semua itu tergantung dari karakter dari daging di steak tersebut.

Steak sendiri biasanya dihidangkan dengan ditambahkan sayuran seperti wortel, jagung manis dan buncis. Daging yang ada di steak lebih baik jika kamu memotongnya dengan kecil-kecil sehingga akan mudah untuk dikunyah dengan tekstur daging yang lembut akan semakin lezat.

Cara Makan Steak Ala Eropa dan Amerika

cara makan steak
(pixabay.com)

Banyak website yang membahas bagaimana cara makan steak menggunakan garpu dan pisau dengan mudah. Salah satunya pada website detik.com yang menyatakan bahwa makan steak dibagi menjadi dua yaitu ala Eropa dan ala Amerika.

1. Ala Eropa

Makan steak ala Eropa yang pertama dilakukan adalah pegang posisi pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Pastikan posisi garpu menghadap ke bawah dan tetap pada posisi awal kemudian baru bisa makan potongan steak. Ala Eropa ini makan steak dengan menggunakan tangan kiri.

2. Ala Amerika

Hampir sama dengan ala Eropa yang pertama dilakukan adalah pegang pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Yang membedakan adalah setelah steak di potong-potong kemudian adalah pindah posisi garpu ke tangan kanan kemudian makanlah menggunakan tangan kanan. Setelah selesai memotong steak jangan letakan pisau di atas meja tetapi letakan di atas piring.

Jika dibandingkan makan steak ala Eropa dengan ala Amerika lebih Islami ala Amerika karena tangan yang digunakan untuk makan adalah tangan kanan. Beberapa hadist juga menunjukan bahwa makan menggunakan tangan kiri dilarang oleh Agama Islam begitu pula dengan minum.

Setiap negara memiliki tata cara makan yang berbeda-beda, namun jika dalam negara tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka kamu boleh tetap menggunakan tata cara makan yang benar sesuai ajaran Islam asalkan tidak melanggar sopan santun. Karena etika pada saat makan akan mempengaruhi situasi dan pandangan pada saat makan.

Baca juga -> Tips dan Cara Makan Di Hanamasa Biar Nggak Rugi

Tips dan Anjuran Saat Makan Steak

anjuran saat makan steak
(pixabay.com)

Pada saat memotong steak usahakan jangan terlalu kecil memotong steaknya, karena akan mempersulit kamu pada saat memakannya. Selain itu kamu juga akan lebih fokus terhadap steak dibandingkan dengan orang-orang yang ada di sekitar.

Hal yang harus tetap diperhatikan pada saat makan steak adalah sopan santun dan etika. Jangan sampai pada saat kamu sedang mengunyah makanan di mulut kamu sambil berbicara jika dilihat maka akan terlihat tidak baik. Kamu juga harus memperhatikan orang yang ada di sekeliling agar tidak mengganggu kenyamanannya.

Saat menyuapkan steak ke mulut, perhatikan posisi tubuh kamu. Karena jika kamu salah dalam posisi tubuh ataupun yang lain yang mencerminkan ketidaksopanan akan membuat orang yang ada di sekitar fokus terhadap gaya duduk kamu.

Pada saat makan dekatkan siku dengan badan, jangan sampai kamu terlalu membuka lebar siku karena akan terlihat tidak baik. Setelah kamu berhenti atau selesai makan taruhlah sendok dan garpu di atas piring dengan kondisi terbalik jangan sampai tergeletak di atas meja.