Daftar Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Kepiting

Pada artikel kali ini saya ingin membahas makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan kepiting. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel cara makan kepiting sebelumnya.

Setelah puas menikmati daging kepiting, jangan konsumsi makanan-makanan ini jika kamu tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk pada tubuh kamu. Ini dia daftar makanan dan minuman yang sebaiknya jangan kamu konsumsi setelah makan kepiting.

A. Teh

minum teh saat makan kepiting
(pixabay.com)

Banyak sekali orang memesan teh untuk menu minuman mereka saat mereka berada di rumah makan. Tapi apabila kamu sedang makan kepiting, sebaiknya jangan pesan teh karena mengkonsumsi teh setelah makan kepiting dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Minum teh setelah makan kepiting akan melumerkan getah lambung. Dengan begitu fungsi pembasmi kuman pada getah lambung akan menurun sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung. Selain itu, teh mengandung asam tanat yang apabila dikonsumsi bersamaan dengan kepiting akan menimbulkan gejala tidak enak pada usus lambung.

Sebenarnya bukan hanya saat kepiting saja. Memang setelah makan, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi teh karena akan mengganggu organ pencernaan. Teh yang bersifat asam akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dan membuat protein yang kita asup lebih sulit dicerna. Lebih baik mengonsumsi air putih saat kita makan kepiting.

B. Buah Kesemek

buah kesemek
(merdeka.com)

Sama seperti teh, buah kesemek mengandung asam tanat yang membuat protein yang kita asup jadi lebih sulit dicerna. Asam tanat akan membuat protein dalam daging kepiting menggumpal sehingga sulit untuk dicerna. Selain itu, apabila sudah terlalu lama di usus, maka akan terjadi pembusukan yang dapat menyebabkan nyeri perut, mual, muntah atau diare.

C. Buah Pir

buah pir
(republika.co.id)

Buah pir yang memiliki sifat dingin apabila dimakan bersamaan dengan kepiting maka akan melukai limpa lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan. Selain pir, mengkonsumsi makanan lainnya yang bersifat dingin bersamaan dengan kepiting tidak baik untuk pencernaan.

Selain buah kesemek dan pir, sebaiknya kamu tidak makan buah bersamaan dengan kepiting. Jika ingin makan buah, beri jeda waktu beberapa jam sebelum atau setelah makan kepiting.

D. Daging Kambing dan Ikan Gabus

daging kambing
(pixabay.com)

Daging kambing dan ikan gabus juga tidak baik apabila dikonsumsi bersamaan dengan kepiting. Jika dikonsumsi secara bersamaan maka fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing dan ikan gabus akan berkurang. Selain itu juga tidak baik untuk limpa lambung.

Itulah 4 makanan serta minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan kepiting. Jika kamu tahu makanan atau minuman apa lagi yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan kepiting bisa tuliskan komentar di bawah ya. Selamat makan.