12 Aneka Kue Jajanan Pasar Tradisional yang Masih Terkenal hingga Saat Ini

Siapa yang sampai saat ini masih suka menikmati kue jajanan pasar? Meskipun sudah ada sejak dahulu kala, kue-kue jajanan pasar ini masih bertahan sampai saat ini. Rasa yang dimiliki kue-kue ini tidak lekang oleh zaman. Apa sajakah itu? Ini dia daftarnya

1. Onde-Onde

Onde-onde
(selerasa.com)

Yang pertama adalah onde-onde. Saya yakin kamu pasti sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Kue berbentuk bulat yang terbuat dari bahan utama ketan putih dan biasanya berisi kacang hijau ini masih dapat kamu temui dengan mudah di pasar-pasar.

Kue yang satu ini sudah ada sejak zaman Majapahit. Onde-onde bukanlah kue tradisional yang berasal dari Indonesia melainkan berasal dari Tiongkok. Onde-onde awalnya merupakan kue yang disajikan kepada para tukang bangunan yang sedang membangun istana kekaisaran.

2. Klepon

Klepon
(doyanresep.com)

Nah kalau kue yang satu ini merupakan jajanan pasar favorit saya. Sama seperti onde-onde, klepon terbuat dari ketan putih dan berbentuk bulat. Yang membedakan adalah biasanya klepon memiliki warna hijau yang berasal dari pandan dengan isian gula jawa yang membuatnya menjadikan orang yang memakannya ketagihan.

3. Lemper

Lemper
(diahdidi.com)

Lemper merupakan jajanan pasar yang terbuat dari ketan. Biasanya kue lemper berisi abon dan dibungkus menggunakan daun pisang. Lemper sangat cocok dijadikan sebagai pengganjal perut karena bahan utama yang digunakan adalah ketan.

4. Arem-Arem

Arem-arem
(craftlog.com)

Jika dilihat, arem-arem memiliki tampilan yang sama dengan lemper, namun jika kamu sudah memakannya maka kamu akan mengetahui bedanya. Arem-arem tidak dibuat menggunakan ketan namun menggunakan nasi. Biasanya arem-arem berisi sambal goreng atau sayur. Sama seperti lemper, arem-arem sangat cocok dijadikan sebagai pengganjal perut.

5. Serabi

Serabi
(dapurkobe.co.id)

Serabi merupakan jajanan pasar yang berbentuk bundar dan berbahan dasar tepung beras. Terdapat dua jenis serabi yaitu serabi manis dan serabi asin. Serabi manis disajikan bersama dengan gula merah cair sedangkan serabi asin disajikan dengan taburan oncom di atasnya.

Tapi sekarang kamu bisa mencicipi lebih banyak varian topping pada serabi seperti keju, cokelat, nangka, meses dan masih banyak lagi. Wilayah di Indonesia yang terkenal dengan serabinya adalah Bandung dan Solo.

6. Nagasari

Nagasari
(blog.tokowahab.com)

Meskipun namanya nagasari, namun tidak ada hubungannya sama sekali dengan naga. Jajanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan memiliki tekstur yang lembut. Terdapat isian berupa potongan pisang didalamnya. Kue nagasari biasanya dibungkus menggunakan daun pisang.

7. Lupis Ketan

Lupis Ketan
(gendarmagelang.blogspot.com)

Sesuai dengan namanya, lupis ketan merupakan jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan. Kue ini disajikan dengan taburan kelapa dan siraman gula merah cair. Lupis ketan pada umumnya berbentuk segitiga atau memanjang seperti lontong.

8. Wajik

(Instagram: vitakwee)

Di Sumatera, kue ini dikenal dengan sebutan pulut manis. Wajik merupakan jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan. Ketan dikukus menggunakan campuran santan dan gula merah sehingga menciptakan rasa manis dan warna cokelat pada kue ini. Kue ini dinamakan wajik karena bentuknya yang jajar genjang. Orang Jawa menyebut jajar genjang dengan sebutan wajik.

9. Kue Ku

(peranakan-kl.org)

Jajanan pasar yang satu ini berasal dari Tiongkok. Ku dalam Bahasa Tionghoa memiliki arti kura-kura. Itulah mengapa kue ini berbentuk cangkang kura-kura. Biasanya kue ini berwarna merah. Kue ku terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan diisi dengan kacang hijau yang sudah dihaluskan.

10. Putu Ayu

Putu Ayu
(Instagram: mein.essen)

Kue ini memiliki bentuk seperti donat, bulat dan berlubang di tengahnya. Namun rasa yang dimilikinya sangat berbeda dengan donat. Putu ayu memiliki tekstur seperti bolu.

Bahan dasar yang digunakan adalah tepung terigu dan untuk toppingnya menggunakan kelapa parut yang diberi sedikit garam. Dengan perpaduan bahan-bahan yang digunakan pada kue putu ayu dan toppingnya menciptakan rasa manis dan asin yang berpadu menjadi satu.

11. Dadar Gulung

(Instagram: anitajoyo)

Selain klepon, dadar gulung juga merupakan jajanan pasar favorit saya. Kue yang satu ini termasuk golongan pancake. Dadar gulung merupakan jajanan pasar berupa kulit pancake yang berisi campuran parutan kelapa dan gula merah. Perpaduan rasa gurih dari kulit dadar gulung dan rasa manis dari isiannya menjadikan ciri khas dari kue jajanan pasar yang satu ini.

12. Kue Putu

Kue Putu
(Instagram: solarismalang)

Nah kalau jajanan yang satu ini biasanya dijajakan oleh penjual putu keliling yang berjualan dengan suara cerobong uap ciri khasnya. Teksturnya mirip seperti kue putu ayu akan tetapi kue putu lebih mudah hancur.

Itulah tadi 12 aneka jajanan pasar yang masih terkenal hingga saat ini. Di antara ke-12 jajanan pasar tersebut, manakah yang paling kalian suka?