5 Makanan Khas Batang yang Unik dan Enak

Batang merupakan nama salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki banyak pantai yang dapat dijadikan sebagai tempat berwisata seperti Pantai Ujung Negoro, Pantai Cemoro Sewu, Pantai Sigandu, Pantai Jodo Gringsing dan Pantai Celong. Selain pantainya, Kabupaten Batang juga memiliki beberapa makanan khas yang dapat kamu cicipi saat tiba di sana. Ini dia daftar makanan khas Batang.

1. Lontong Lemprak

Lontong Lemprak
(phinemo.com)

Salah satu makanan berat khas Batang yang paling terkenal adalah lontong lemprak. Sajian lontong lemprak terdiri dari lontong dan opor ayam. Nama lemprak sendiri diambil dari kata nglemprak dalam Bahasa Jawa yang berarti duduk di bawah (lesehan).

Maka dari itu makanan ini dinamakan lontong lemprak karena dinikmati dengan duduk lesehan. Salah satu warung makan yang menyediakan lontong lemprak adalah Lontong Lemprak Mbak Nur yang terletak di Jalan Ahmad Yani No.58, Kauman, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

2. Sotong Ireng

Sotong Ireng
(perpus.jatengprov.go.id)

Sotong merupakan hewan laut sejenis cumi-cumi dan ireng merupakan sebuah kata dalam Bahasa Jawa yang berarti hitam. Dari pengertian tersebut kita akan tau bahwa makanan khas Batang ini berupa sotong berwarna hitam. Warna hitamnya bukan berasal dari pewarna makanan melainkan tinta dari sotong itu sendiri.

3. Getuk Mawur

Getuk Mawur
(inibaru.id)

Kabupaten Batang memiliki getuk khas yang bernama getuk mawur. Dinamakan getuk mawur karena bentuknya yang tidak beraturan. Jika getuk pada umumnya berbentuk kotak dan dimakan langsung dengan tangan, getuk mawur dimakan menggunakan sendok karena bentuknya yang tidak beraturan.

Biasanya getuk mawur dijual menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya. Jajanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengganjal perut saat kamu merasa lapar. Sangat nikmat saat disantap bersama dengan teh hangat.

4. Serabi Kalibeluk

Serabi Kalibeluk
(batangkab.go.id)

Apabila Solo memiliki makanan berupa serabi solo, maka Batang memiliki juga makanan khas bernama serabi kalibeluk. Dinamakan serabi kalibeluk karena daerah pembuatan serabi ini adalah Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang.

Yang membedakan serabi khas Batang ini dengan serabi lainnya adalah ukurannya yang lebih besar dan tebal. Konon katanya serabi kalibeluk ini hanya dibuat oleh keturunan Nyai Randinem yang merupakan pembuat serabi kalibeluk pertama kali. Terdapat beberapa varian rasa yaitu rasa original, gula jawa, cokelat, strawberry dan kelapa.

5. Soto Kebo

Jika soto pada umumnya menggunakan daging ayam, sapi atau kambing, maka berbeda dengan soto khas Batang yang menggunakan daging kerbau. Untuk cara penyajiannya masih sama seperti soto lainnya. Bagi para pencinta soto jangan sampai terlewatkan makanan yang satu ini saat mampir ke Kabupaten Batang. Salah satu warung makan soto kebo yang terkenal di Batang adalah Warung Soto Kebo Sederhana milik Pak Aziz yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Batang.