4 Makanan Khas Brebes yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-Oleh

Pada artikel pertama ini kita akan bahas makanan khas Brebes yang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki penduduk dengan jumlah terbanyak di Jawa Tengah.

Brebes sendiri dikenal sebagai penghasil telur asin sehingga tidak jarang orang membawa oleh-oleh telur asin saat berkunjung ke Kabupaten Brebes.

Selain telur asin, terdapat beberapa makanan yang dapat kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Apa sajakah itu? Oke, daripada berlama-lama, kita langsung bahas saja daftar makanan khas Brebes yang bisa kamu bawa pulang.

1. Telur Asin

telur asin - makanan khas brebes
Telur Asin (pondokcerita-gesangsari.blogspot.co.id)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Telur bebek yang memiliki rasa asin ini biasa disantap dengan nasi. Diolah dengan cara diberi garam dengan takaran berlebih untuk menonaktikan enzim perombak sehingga telur menjadi lebih awet. Telur yang sudah diasinkan tadi dapat bertahan hingga satu bulan lamanya.

Dengan daya tahannya yang lama, telur asin sangat pas dijadikan bekal saat berpergian dalam jangka waktu yang lama. Jenis telur bebek yang biasa dijadikan telur asin adalah telur bebek pelari yang cangkang telurnya memiliki ciri khas warna biru.

proses pembuatan telur asin
Proses pembuatan telur asin (kemanaajaboleeh.com)

Nah, Kabupaten Brebes ini dikenal sebagai daerah penghasil telur asin. Di kabupaten ini kamu bisa menemukan berbagai pilihan kualitas telur asin karena industri telur asin di sini sudah cukup meluas.

Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih telur asin, ciri-ciri telur asin yang memiliki kualitas tinggi adalah bagian kuning telurnya berwarna jingga terang hingga kemerahan, jika digigit tidak mengeluarkan cairan alias kering, baunya tidak amis dan rasa asinnya tidak terlalu menyengat.

Baca juga Makanan Khas Sukabumi yang Unik dan Menggugah Selera

2. Kerupuk Tulang Bandeng

Apakah dari kamu ada yang tidak suka kerupuk? Saya rasa mayoritas orang Indonesia suka dengan makanan yang satu ini. Kalaupun tidak suka, mungkin hanya beberapa jenis kerupuk saja yang mereka tidak sukai atau memang memiliki alergi terhadap kerupuk sehingga tidak bisa mengonsumsinya. Bagi kamu penggemar kerupuk, jangan sampai melewatkan oleh-oleh makanan khas Brebes yang satu ini.

Kerupuk ini terbuat dari tulang ikan bandeng yang memang ikan ini dikenal sebagai ikan dengan banyak duri. Ikan bandeng yang digunakan merupakan hasil budidaya Kabupaten Brebes khususnya di daerah Desa Grinting, Kecamatan Bukalamba.

Asal kamu tahu, tulang ikan bandeng ini memiliki kandungan kalsium tinggi. Jadi walaupun kerupuk ini berbahan dasar tulang (yang biasanya dibuang), kamu tetap memperoleh manfaat saat mengonsumsinya. Salah satu manfaat dari mengonsumi kerupuk tulang ikan bandeng ini adalah mengandung kalsium.

Beberapa manfaat dari kalsium adalah menjaga kesehatan tulang, membantu pembekuan darah dan mempertahankan kekuatan gigi.

Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi kerupuk ikan bandeng khas Brebes ini. Tapi ingat, jangan berlebihan juga walaupun terdapat manfaat dalam kerupuk yang satu ini. Karena jika berlebihan bisa-bisa malah dampak negatif yang ditimbulkan. Ingat! Semua yang berlebihan itu tidak baik.

3. Kerupuk Rumput Laut

makanan khas brebes - kerupuk rumput laut
Kerupuk rumput laut (tokopedia.com/tokoiwak)

Kalo kamu sudah mencoba kerupuk tulang bandeng, jangan lupa juga untuk mencicipi kerupuk rumput laut khas Brebes ini. Kerupuk yang satu ini diolah menggunakan tepung rumput laut jenis Gracillaria yang juga dibudidayakan di Brebes.

budidaya rumput laut
Budidaya rumput laut di Brebes (wicaramina.blogspot.co.id)

Bubidaya rumput laut di Brebes termasuk melimpah. Rumput laut yang sudah dipanen dijadikan tepung lalu dicampur dengan tepung tapioka. Terdapat berbagai pilihan rasa seperti rasa keju, rasa kerang dan rasa bandeng presto. Bukan hanya enak, kamu juga mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi kerupuk rumput laut ini.

Terdapat kandungan protein, karbohidrat, lemak, anzim, asam amino, asam nukleat, vitamin dan masih banyak lagi. Kerupuk rumput laut ini bisa kamu jadikan sebagai pendamping makanan atau sebagai cemilan di saat santai.

4. Crispy Ikan Serinding

Apa sih ikan serinding itu? Bahkan (saat post ini dibuat) jika mengetikkan nama ikan ini di Google tidak muncul halaman wikipedia yang dikenal kaya akan informasi. Dari informasi yang saya dapatkan (dari Google) habitat ikan serinding adalah di pesisir pantai, muara-muara sungai dan mangrove.

ikan serinding brebes
Ikan serinding (pufanpatincilangkap.com)

Ikan ini banyak terdapat pada perairan Kabupaten Brebes. Di Indonesia, ikan ini juga memiliki julukan ikan tongkai, ikan kaca, ikan pangkah dan masih banyak lagi. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil, berwarna keperakan dan transparan. Sesekali ikan ini terlihat berenang dengan membentuk kelompok kecil.

Nah, jika kamu penasaran dengan ikan yang satu ini, mungkin kamu bisa membeli oleh-oleh khas Brebes yang satu ini. Karena ada kata “crispy” nya maka sudah pasti kamu akan menikmati ikan serinding ini dalam bentuk keripik. Ikan ini diolah dengan cara digoreng menggunakan bumbu-bumbu sampai kering. Setelah itu, ikan yang sudah digoreng ditempatkan ke dalam kemasan plastik dan diberi merek.

Nah bagi kamu yang tertarik untuk membeli, tersedia banyak pilihan rasa yang bisa kamu bawa pulang di antaranya rasa keju, pizza, ayam bakar, BBQ,

Baca juga Makanan Khas Purwakarta yang Menggugah Selera

Itulah 4 makanan khas Brebes yang bisa kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Mungkin ada lagi makanan khas Brebes lainnya? Silahkan tulis melalui komentar jika ingin menambahkan.