8 Makanan Khas Kebumen yang Paling Dikenal Banyak Orang

Kebumen merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Nah kali ini LagiMakan.com akan membahas tentang makanan khas dari kabupaten yang satu ini. Apa sajakah itu? Daripada penasaran kita langsung saja lihat daftarnya di bawah ini.

1. Nasi Oyek

Nasi Oyek
(wikipedia.org)

Kamu tahu nasi oyek? Nasi oyek merupakan nasi yang terbuat dari singkong. Sejarah awal munculnya nasi ini adalah pada masa penjajahan di Indonesia dulu beras masih menjadi sesuatu yang mahal sehingga banyak masyarakat yang mencoba untuk mengganti nasi dengan singkong. Singkong tersebut kemudian diolah menjadi nasi oyek.

Jadi pada zaman dulu nasi ini merupakan makanan orang-orang yang tidak mampu membeli beras. Namun di zaman sekarang, nasi oyek merupakan makanan semua kalangan dan lebih sering dijadikan sebagai jajanan pasar dan bukan menjadi makanan pokok.

2. Sate Ambal

Sate Ambal
(Instagram: makankeliling)

Bagi kamu pencinta sate jangan sampai melewatkan sate khas Kebumen yang satu ini. Yang membedakan sate ambal dengan sate-sate khas dari daerah lainnya adalah bumbunya yang terbuah dari tempe rebus yang dihancurkan hingga menjadi halus.

Tekstur dari bumbunya lebih encer dan berwarna kuning tua kecoklatan seperti kuah masakan Padang. Salah satu rekomendasi warung makan yang menyediakan menu sate ambal di Kebuman adalah Warung Sate Ambal Pak Kasman yang terletak di Jalan Daendels, Ambalresmi, Kecamatan Ambal.

3. Kethek

Makanan Kethek Khas Kebumen
(Cookpad: Bayu Widyaningsih)

Kethek jika dalam Bahasa Jawa memiliki arti monyet. Namun yang ini berbeda karena tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan hewan tersebut. Bahan utama yang digunakan makanan ini adalah perasan ampas pembuatan minyak kelapa atau disebut dengan blondo.

Blondo dikukus dan diberi berbagai macam bahan-bahan seperti gula, garam, cabe, kencur, dll. Kethek memiliki rasa gurih dan lezat. Biasanya kethek dinikmati dengan nasi sebagai lauk tambahan. Sayangnya saat ini kethek sudah tidak banyak orang yang menjualnya.

4. Lanting

Lanting Makanan Khas Kebumen
(fimela.com)

Lanting merupakan makanan ringan khas Kebumen berupa kerupuk kecil-kecil berbentuk angka 8. Lanting sering juga dikenal dengan sebutan golak. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan lanting atau golak adalah singkong.

Pada umumnya lanting memiliki rasa gurih bawang dan sekarang banyak orang yang menjual lanting dengan tambahan seperti rasa keju, pedas, jagung bakar, dll. Nah bagi kamu yang sedang pergi ke Kebumen jangan lupa untuk menjadikan lanting sebagai oleh-oleh.

5. Emping Medem

(tokopedia.com)

Emping merupakan cemilan berupa keripik yang terbuat dari biji melinjo yang dipipihkan dan memiliki rasa pahit. Kebumen memililiki emping khas sendiri yang bernama emping medem. Yang membedakan emping medem dengan emping pada umumnya adalah emping medem ukurannya yang lebih kecil. Emping medem ini juga dikenal dengan sebuat emping ambal karena pusat produksi dari emping ini adalah Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen.

6. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun
(perpus.jatengprov.go.id)

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki soto khasnya masing-masing. Salah satunya adalah soto tamanwinangun yang merupakan soto khas milik Kebumen. Tamanwinangun merupakan nama salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen. Yang membedakan soto tamanwinangun dengan soto-soto lainnya adalah soto ini menggunakan daging entok. Soto tamanwinangun terletak di Jalan Pemuda No.50, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

7. Nasi Penggel

(genpi.co)

Jika kamu sedang berada di Kebumen maka paling enak sarapan dengan nasi penggel. Arti dari penggel adalah bulatan, maka dari itu nasi yang disajikan berbentuk bulat-bulat seperti bola pingpong. Biasanya nasi penggel disajikan menggunakan daun pisang. Isi dari nasi penggel adalah nasi berbentuk bulat-bulat dengan pilihan lauk yang beragam seperti kikil, tempe mendoan, tetelan, jeroan dan juga sayur-sayuran.

8. Jipang Kacang

Jipang Kacang
(food.detik.com)

Selain lanting dan emping medem, ada lagi jajanan khas Kebumen yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh yaitu jipang kacang. Jipang kacang terbuat dari gula jawa dan kacang tanah. Kacang tanah digiling kasar, disangrai kemudian dicampur dengan gula jawa yang sudah dicairkan dan dicetak dalam loyang. Adonan jipang kacang yang sudah mengeras kemudian dipotong-potong berbentuk persegi panjang.