10+ Makanan Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba

Ada begitu banyak hal menarik dari Palembang, salah satunya tentu saja makanan khasnya yang istimewa. Akulturasi dari berbagai budaya membuat Palembang dijuluki sebagai Venice of the East yang populer dengan macam jenis produk kuliner. Khusus untuk kamu yang berencana liburan ke Palembang dan ingin berburu kuliner khasnya, maka coba simak daftar makanan khas Palembang yang wajib kamu coba berikut ini!

1. Pempek

Pempek Palembang
(idntimes.com)

Pempek merupakan salah satu ikon kuliner yang ada di Palembang, pasti kamu sudah tahu hal ini bukan? Sajian lezat ini terbuat dari daging ikan, sagu dan modifikasi tambahan tahu, telur, udang dan lainnya. Pempek akan dihidangkan menggunakan saus khusus yang dibuat dari campuran gula merah, bawang putih, cabe, udang ebi dan garam. Dijamin, kamu akan langsung ketagihan saat sekali mencicipinya lho. Bocoran nih, ada begitu banyak tempat makan pempek yang bisa kamu jumpai dan singgahi di Palembang.

2. Tekwan

Tekwan Palembang
(doyanresep.com)

Kamu penggemar bakso? Maka jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi bakso khas Palembang yang bernama tekwan. Hidangan ini disajikan dengan bakso ikan, mie putih plus tambahan kuah bening yang cita rasanya benar-benar menggugah selera. Kuah tersebut diracik menggunakan sari kepala udang dengan sedikit tambahan daun bawang.

3. Lempok Durian

Lempok Durian
(blanja.com)

Selain pempek, Palembang juga sangat terkenal dengan sajian lempok. Salah satu yang paling difavoritkan pencinta kuliner ialah lempok durian. Lempok pada dasarnya ialah dodol durian yang teksturnya lembut berserat. Lempok durian memiliki rasa yang sangat manis dan cocok menemani pagi Anda. Catatan penting untuk kamu yang ingin mengonsumsi makanan khas Palembang ini, pastikan kamu tidak meminum soda setelah menyantap lempok durian jika ingin lambung kamu tetap aman dan tentram ya.

Baca juga → Makanan dan Minuman Khas Padang

4. Celimpungan

Celimpungan Palembang

Celimpungan merupakan salah satu kuliner khas turunan dari pempek. Makanan ini terbilang cukup sulit ditemukan dan biasanya hanya muncul saat lebaran atau hari perayaan lainnya. Celimpungan berbahan dasar ikan dan sagu. Betuknya bulat putih dengan tambahan kuah kari kental di bagian atasnya. Dilihat dari bahan pembuatannya, celimpungan sedikit mirip dengan laksan, namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari tekwan.

5. Kue Srikaya

Kue Srikaya Palembang
(cookpad.com)

Kue Srikaya ialah makanan khas Palembang selanjutnya yang wajib kamu coba saat berkesempatan datang menyambang kota Palembang. Makanan khas daerah ini hampir sama dengan kue lumpang, di mana juga dicetak menggunakan cetakan yang sama. Hanya saja, kue srikaya memiliki warna yang tidak sehijau kue lumpang dan teksturnya juga tidak selengket kue lumpang. Sangat pas menikmati satu porsi kue srikaya bersama secangkir teh di pagi hari.

6. Lenggang

Pempek Lenggang Palembang
(blogmedia.web.id)

Lenggang ialah salah satu makanan khas Palembang yang wajib kamu coba. Makanan ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur telur kocok. Kemudian makanan olahan akan diletakkan di atas daun pidang kemudian dipanggang. Lenggang memiliki cita rasa yang sangat gurih dan lezat. Bertambah nikmat dengan aroma khas daun pisang, dijamin kamu bakal ketagihan!

7. Kue Maksuba

Kue Maksuba
(ringkaskata.com)

Pernah mendengar atau mencobanya? Kue maksuba termausk salah satu jajanan khas Palembang yang terbuat dari telur bebek dan susu kental manis. Dalam proses pembuatannya, kue maksuba menggunakan 28 butir telur dan kemudian adonannya diolah menyerupai adonan kue lapis. Kue maksuba memiliki cita rasa yang sangat lezat, manis dan legit. Sekilas mungkin kamu akan berfikir jika maksuba sama dengan kue lapis. Namun nyatanya maksuba menawarkan cita rasa dan tekstur yang berbeda. Kue maksuba biasanya selalu muncul saat hari raya.

8. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak
(liputan6.com)

Sambal tempoyak terbuat dari durian yang telah difermentasi. Rasanya sedikit asam dan sedikit pedas manis. Kamu masih bisa menemukan sedikit rasa durian saat mencicipinya nanti. Sambal tempoyak paling cocok jika dinikmati dengan sup pindang, nasi panas dengan lauk ayam goreng atau ikan. Saking lezat dan populernya, kamu bahkan bisa dengan mudah menemukan sambal ini di semua rumah makan Palembang lho.

9. Laksan

Laksan Palembang
(bisnis.com)

Jika kamu pencinta pempek, pasti sudah pernah dengar tentang pempek lenjer atau bahkan sudah sering mencobanya. Nah, di Palembang pempek lenjer lebih dikenal dengan nama laksan. Kuliner ini menjadi makanan khas Palembang yang dihidangkan dalam kuah bersantan. Agak mirip lontong sayur sih dan paling pas saat dikonsumsi di pagi hari. Jika kamu berkesempatan datang ke Palembang, salah satu tempat makan laksan paling terkenal ialah Laksan Kaito. Enak plus murah, yakin masih tidak ingin mencobanya?

10. Burgo

Burgo Palembang
(ksmtour.com)

Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras plus tepung sagu. Kemudian di masak menyerupai dadar tipis, digulung dan diiris kasar. Tampilan burgo sangat mirip dengan kwetiaw dengan tambahan kuah gurih yang diracik dari santan dan aneka bumbu rempah pilihan. Hidangan burgo semakin sempurna jika Anda melengkapinya dengan daging ikan suwir, potongan telur ayam rebus, bawang goreng dan sambal jeruk nipis.

11. Roti Koing

Roti koing menjadi salah satu makanan wajib masyarakat Palembang, terkhusus memasuki bulan puasa. Makanan ini berbentuk bulat dengan rasa tawar. Biasanya para penikmat mengonsumsinya dengan cara merendam roti dalam kopi atau teh. Jika kamu tertarik mencoba, roti koing yang lezat dan terjangkau ini cukup mudah didapatkan di pasaran lho, salah satunya ialah dengan berburu di Pasar 25 Iiir.