7 Makanan Khas Pemalang yang Perlu untuk Kamu Cicipi

Pemalang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Ngomong-ngomong tentang Provinsi Jawa Tengah, jika kamu tertarik dengan makanan dari ibukota Jawa Tengah, kamu bisa melihat di artikel makanan dan minuman khas Semarang. Kembali lagi ke Pemalang, apa sajakah makanan khas Pemalang yang perlu untuk kamu cicipi?

1. Lontong Dekem

Lontong Dekem Khas Pemalang
(Instagram: cicikokokuliner)

Makanan khas Pemalang yang pertama adalah lontong dekem. Dari tampilannya, lontong dekem ini mirip dengan lontong sayur. Yang membedakan adalah pada lontong dekem ini terdapat kerupuk mie yaitu kerupuk yang berbentuk seperti mie.

Biasanya lontong dekem disajikan bersama dengan sate ayam. Lontong dekem dibuat menggunakan berbagai rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, lontong dekem merupakan makanan yang cocok untuk dinikmati saat malam hari.

Beberapa rekomendasi tempat makan yang menjual lontong dekem adalah Lontong Dekem Pak Dradjat yang berada di Jalan Mochtar, Lontong Dekem Pak Darsono dan Lontong Dekem Pak Sidul yang berada di Jalan R.E Martadinata.

2. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang Khas Pemalang
(Instagram: innnayah)

Yang kedua ada nasi grombyang. Makanan khas Pemalang yang satu ini sudah ada sejak tahun 1960an. Isi nasi grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah. Biasanya nasi grombyang disajikan bersama dengan sate kerbau.

Kenapa makanan ini dinamakan nasi grombyang? Hal tersebut dikarenakan banyaknya kuah yang digunakan sehingga isi dari sajian ini bergoyang-goyang yang dalam Bahasa Jawa disebut grombyang-grombyang.

Rekomendasi tempat makan yang menyediakan nasi grombyang di antaranya Nasi Grombyang Pak Waridin yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Nasi Grombyang Pak Toli dan Nasi Grombyang Pak Warso yang terletak di Jalan R.E Martadinata.

3. Bakso Balungan

Bakso Balungan Khas Pemalang
(Instagram: shahnaz_12)

Bagi kamu pencinta bakso, makanan yang satu ini harus kamu cicipi saat berkunjung ke Pemalang. Apa itu bakso balungan? Bakso balungan merupakan sajian bakso dengan tulang yang dalam Bahasa Jawa disebut balungan.

Sebenarnya bakso balungan bukan hanya makanan khas Pemalang saja, namun juga daerah lainnya di Jawa Tengah seperti Demak, Kudus, Pati dan lainnya. Di Pemalang, tempat makan bakso balungan yang direkomendasikan oleh banyak orang adalah Bakso Balungan Mas Awi yang terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani No.102.

4. Pecak Belut

Pecak Belut Bu Niti Pemalang
(wr-makan-bu-niti-pecak-belut.business.site)

Sudah dapat dipastikan bahwa makanan yang satu ini terbuat dari belut. Belut diolah dengan cara digoreng. Setelah belut digoreng, kemudian diulek dengan sambal terasi dan diguyur dengan santan. Belut goreng disajikan bersama dengan sayur daun pepaya, timun dan tauge.

Perpaduan rasa pedas dari sambal terasi dan rasa gurih dari belut goreng membuat banyak orang ketagihan dengan sajian pecak belut ini. Tempat makan pecak belut di Pemalang yang bisa kamu kunjungi adalah Pecak Welut Bu Niti yang berada di Jalan Raya Tegal Mlati, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Malang.

5. Sate Loso

Sate Loso khas Pemalang
(Instagram: wisatakulinerpemalang)

Bagi kamu penggemar sate jangan sampai melewatkan sajian khas Pemalang yang satu ini. Seperti sate pada umumnya, namun sate loso agak sedikit berbeda. Yang membedakan adalah daging sapi atau daging kerbau yang digunakan untuk membuat sate loso dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar.

Konon katanya sate ini dibuat pertama kali oleh Pak Loso yang berasal dari Weleri. Itulah mengapa sate ini dinamakan sate loso. Tempat makan yang menyediakan sate loso di antaranya adalah Sate Loso Pak No yang berada di Jalan Jend. Ahmad Yani No.27 dan Sate Loso Pak Mul yang berada di Jalan Kelud No.3

6. Bandeng Montok

Bandeng Montok khas Pemalang
(ngadem.com)

Kalau di Semarang terkenal dengan bandeng presto, maka Pemalang punya yang namanya bandeng montok. Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Dinamakan bandeng montok karena ukurannya yang besar. Kamu bisa mendapatkan bandeng montok di toko oleh-oleh yang ada di Pemalang. Salah satunya berada di Jalan Urip Sumoharjo No.127, Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kab. Pemalang.

7. Kepiting Lemburi

Kepiting lemburi merupakan nama lain dari kepiting soka yaitu kepiting yang memiliki cangkang lunak. Kepiting lemburi merupakan kepiting bakau biasanya yang dibudidaya dengan trik khusus sehingga menciptakan kepiting dengan cangkang lunak.

Kepiting lemburi sangat cocok bagi kamu yang baru mencoba sajian kepiting karena tidak perlu repot membuka cangkang kepiting yang biasanya sangat keras.

Di Pemalang banyak sekali rumah makan yang menyediakan kepiting lemburi, salah satunya adalah Rumah Makan Pak Kardi yang terletak di Jalan Raya Ulujami No.23, Dusun Empat, Rowosari, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Itulah tadi 7 makanan khas Pemalang yang bisa kamu cicipi. Kira-kira kamu tertarik dengan yang mana?