8 Makanan Khas Perancis yang Harus Kamu Ketahui sebelum Pergi ke Sana

Prancis merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Eropa. Salah satu ciri khas dari negara ini adalah bangunan yang menjadi salah satu keajaiban dunia yaitu menara Eiffel. Apakah kamu punya impian bisa pergi ke sana? Kalau kamu punya impian ke sana, setidaknya kamu sudah mengetahui beberapa makanan khas dari Negara Perancis ini. Apa sajakah itu? Ini dia daftarnya

1. Ratatouille

Ratatouille
(theblackpeppercorn.com)

Jika kamu pencinta film animasi pasti tau dengan makanan khas Perancis yang satu ini. Film yang menceritakan seekor hewan pengerat yang sangat terobsesi untuk menjadi koki. Ratatouille terdiri dari berbagai macam sayur-sayuran di dalamnya.

Dalam Bahasa Perancis sendiri makanan ini umumnya disebut ratatouille nicoise. Ratatoille biasanya disajikan bersama dengan nasi, roti atau kentang. Ratatouille juga sering dijadikan sebagai makanan pembuka, sebagai omlet dan sebagai saus untuk pasta.

2. Confit de Canard

Confit de Canard
(roger-junca.com)

Makanan yang kedua kedua adalah confit de canard yang merupakan makanan olahan bebek kontinental khas Perancis. Confit de canard merupakan masakan mewah. Daging bebek dibumbui dengan berbagai macam bumbu khas Perancis kemudian dimarinasi selama minimal 24 jam.

Setelah dimarinasi selama minimal 24 jam, daging bebek diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Proses pengolahan yang lama ini membuat bumbu yang digunakan benar-benar meresap ke dalam daging sehingga menciptakan rasa yang gurih dan nikmat.

3. Soupe A L’oignon

Soupe A L'oignon
(tasteatlas.com)

Soupe a l’oignon merupakan makanan khas Perancis berupa sup yang terbuat dari kaldu daging sapi dan bawang merah. Biasanya soupe a l’oignon disajikan bersama dengan crouton dan keju. Pada zaman Romawi kuno, makanan ini dianggap sebagai makanan orang miskin. Namun sekarang makanan ini justru disajikan pada restoran-restoran yang ada di Perancis.

Baca juga → Makanan dan Minuman Khas India yang Bisa Kamu Cicipi

4. Farci Poitevin

Farci Poitevin
(mariatotal.com)

Makanan khas Perancis yang satu ini bisa dibilang cukup unik dan aneh. Makanan ini dibuat dari campuran sayur-sayuran, rempah-rempah dan gelatin kemudian dibentuk menjadi bentuk bundar atau kotak. Farci poitevin merupakan makanan khas daerah Poitou-Charentes yang sering digunakan sebagai olesan roti baguette. Farci poitevin sangat cocok apabila kamu merupakan seorang vegetarian karena makanan ini terbuat dari sayur-sayuran.

5. Croissant

Croissant
(pixabay.com)

Bagi kamu yang menjadikan roti sebagai makanan pokok mungkin sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Croissant merupakan roti khas Perancis yang memiliki bentuk seperti bulan sabit. Di Perancis sendiri biasanya roti croissant disajikan tanpa tanpa isi, namun di luar Perancis banyak yang menjual roti ini dengan isian cokelat, keju, daging, dll. Mungkin kamu tertarik untuk membaca artikel cara makan croissant.

6. Creme Brulee

Creme Brulee
(livewellbakeoften.com)

Creme brulee merupakan makanan pencuci mulut khas Perancis. Bahan utama dari makanan pencuci mulut yang satu ini adalah whipping cream, susu dan kuning telur. Bahan-bahan yang sudah dipersiapkan dicampur kemudian dipanggang di dalam oven bersuhu 150 deraja celcius hingga tekstrunya agak padat. Setelah jadi, creme brulee dibiarkan dingin terlebih dahulu kemudian disajikan dengan gula pasir yang dibakar menggunakan blow torch hingga menjadi karamel.

7. Baguette

Baguette
(kingarthurflour.com)

Selain croissant, Perancis juga memiliki roti khas yang bernama baguette. Baguette merupakan roti khas Perancis berbentuk panjang dengan diameter sekitar 5 cm. Panjang baguette dapat mencapai 1 meter.

Roti baguette biasanya memiliki tekstur keras dan biasanya terdapat motif garis-garis, namun ada beberapa modifikasi resep yang menjadikan tekstur dari roti baguette ini menjadi empuk. Sebelum dipanggang biasanya diberi sayatan garis-garis pada roti baguette supaya garam bisa meresap ke dalam dan menjadikan roti memiliki rasa gurih.

8. Crepes

Crepes
(creativemarket.com)

Kalau makanan yang satu ini saya yakin sudah banyak orang Indonesia yang mengetahuinya. Crepes adalah kue semacam pancake tipis. Bahan utama dari pembuatan crepes adalah tepung terigu, telur dan susu. Kalau di Indonesia, makanan ini biasanya diisi oleh berbagai macam topping seperti cokelat, keju, selai blueberry dan masih banyak lagi.