By lagimakan

0

ote-ote porong

12 Makanan Khas Sidoarjo yang Bikin Penasaran

Categories : Kuliner Khas Daerah

Sidoarjo merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Sidoarjo berbatasan dengan Kota Surabaya dan merupakan salah satu penyangga utama dari Kota Surabaya. Dalam perkembangannya, Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu daerah yang strategis untuk pengembangan perekonomian regional.

Lalu apa sajakah makanan khas Sidoarjo? Perlu diketahui bahwa makanan khas daerah belum tentu berasal dari daerah itu sendiri. Ini dia daftar makanan khas Sidoarjo yang perlu kamu ketahui

1. Lontong Kupang

lontong kupang
(travelingyuk.com)

Kamu pasti tahu apa itu lontong. Lontong kupang merupakan makanan yang terkenal di daerah Jawa Timur khususnya Sidoarjo, Pasuruan dan Surabaya. Lontong kupang juga dikenal dengan sebutan Kupang Keraton pada daerah pesisir timur Jawa Timur.

Biasanya lontong kupang disajikan dengan sate kerang dan minuman es degan. Bahan utama dari pembuatan lontong kupang ini adalah kupang putih. Kupang putih tersebut dikupas kemudian dimasak. Setelah itu, kupang yang sudah matang ditambahkan lontong dan lentho.

Apa itu lentho? Lentho merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang tolo. Langkah selanjutnya adalah lontong kupang diberi kuah petis dan perasan jeruk nipis.

Rekomendasi: Makanan dan Minuman Khas Jepara yang Bisa Kamu Coba

2. Bandeng Asap

bandeng asap sidoarjo
(negerikuindonesia.com)

Makanan khas Kabupaten Sidoarjo yang kedua adalah bandeng asap. Bandeng asap merupakan ikan bandeng yang diolah dengan cara pengasapan. Makanan yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan beberapa hari tanpa disimpan di lemari es.

3. Bakso Cak Pitung

bakso cak pitung
(majalahjuvenile.blogspot.com)

Nah kalo makanan yang satu ini sangat cocok bagi kamu penggemar bakso. Cak Pitung sendiri merupakan nama dari pemilik warung bakso di Kabupaten Sidoarjo.

Menu bakso di Warung Bakso Cak Pitung merupakan campuran dengan jenis olahan lainnya sehingga menciptakan cita rasa bakso yang unik dan khas. Beberapa menu yang dapat kamu temukan di sini adalah bakso mercon, bakso halus, bakso kasar, bakso telur dan lain-lain.

4. Bakso Rindu Malam

bakso rindu malam
(gotravelly.com)

Selain Bakso Cak Pitung, kamu juga harus mencoba Bakso Rindu Malam bagi kamu pencinta bakso. Kamu bisa mencicipi berbagai menu bakso yang tersedia di Bakso Rindu Malam yang berada di Jalan Raya Taman Pinang, Sidoarjo. Tidak hanya menu bakso, rumah makan ini juga menyediakan menu mie ayam.

Rekomendasi untukmu: Makanan dan Minuman Khas Semarang

5. Petis Udang

petis udang
(cookpad.com)

Yang terlintas di benak saya saat mendengarkan petis adalah tahu petis yang merupakan tahu berisi petis. Sebenarnya apa sih petis itu? Petis merupakan bumbu khas yang terbuat dari gula merah, garam dan gula putih. Nah kalo Kabupaten Sidoarjo terkenal dengan petis udangnya.

Karena namanya petis udang, maka bahan pembuatnya juga terdiri dari udang. Petis biasanya digunakan untuk campuran bumbu tahu tek, tahu campur dan rujak cingur.

6. Telur Asin

telur asin aneka rasa khas sidoarjo
(bukalapak.com)

Kalau makanan yang satu ini saya yakin kamu pasti sudah tidak asing lagi. Telur bebek berwarna biru yang diasinkan supaya dapat bertahan lama sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Namun, Kabupaten Sidoarjo memiliki telur asin ciri khasnya sendiri.

Kamu bisa menemukan telur asin dengan berbagai macam rasa. Terdapat rasa udang, kepiting dan ikan salmon. Berbagai macam rasa itu muncul dari cara pengolahan menggunakan asap, oven maupun goreng. Telur asin yang memiliki aneka macam rasa ini sangat cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo.

7. Kerupuk Udang

kerupuk udang sidoarjo
(sarihusada.co.id)

Mungkin di antara kalian ada yang merasa tidak lengkap apabila makan tanpa kerupuk. Atau mungkin justru di antara kalian ada yang suka makan nasi hanya dengan kerupuk dan kecap saja. Bagi kamu yang menjadikan kerupuk sebagai makanan pendamping wajib maka perlu untuk mencoba kerupuk udang ini. Adanya tambahan udang menjadikan kerupuk ini memiliki rasa yang berbeda dengan kerupuk-kerupuk pada umumnya.

8. Bandeng Presto

bandeng presto sidoarjo
{goedangoleholeh.com)

Tidak hanya di Kota Semarang saja yang terkenal bandeng presto. Bandeng presto juga menjadi makanan khas dari Kabupaten Sidoarjo. Salah satu merek bandeng presto yang dimiliki Kabupaten Sidoarjo adalah Bandeng Presto Kepala Singa.

Bandeng presto merupakan ikan bandeng yang dipresto sehingga tulangnya bisa dimakan juga. Memang ikan bandeng ini termasuk ikan yang memiliki banyak duri sehingga perlu untuk dipresto supaya lebih mudah saat mengonsumsinya.

9. Otak-Otak Bandeng

otak-otak bandeng sidoarjo
(otakotakdanbandengprestomurah.blogspot.com)

Masih seputar bandeng, kali ini makanan khas Sidoarjo yang lainnya adalah otak-otak bandeng. Otak-otak bandeng merupakan olahan ikan bandeng yang durinya sudah dipisahkan dari dagingnya. Daging ikan bandeng yang sudah dipisahkan dari durinya itu kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti kelapa yang sudah disangrai, gula, garam, santan, dan lain-lain.

Otak-otak bandeng diolah dengan cara dikukus. Dengan pengolahan yang seperti ini, kita jadi lebih mudah dalam menyantap ikan bandeng.

Baca juga: Makanan dan Minuman Khas Betawi Jakarta

10. Sate Kerang

sate kerang khas sidoarjo
(masakandapurku.com)

Sate kerang memang merupakan makanan khas yang sangat terkenal di Sidoarjo. Pastinya bahan utama dari sate kerang ini adalah kerang. Sate kerang tidak diolah seperti sate ayam atau kambing dengan cara dibakar melainkan diolah dengan cara direbus. Sate kerang sangat cocok disantap bersama Lontong Kupang. Saya biasanya menyantap sate kerang bersama dengan soto ayam.

11. Ote-Ote Porong

ote-ote porong
(trinitar.com)

Apa itu ote-ote porong? Mungkin kamu baru mendengar makanan yang satu ini. Ote-ote merupakan sebutan untuk bakwan goreng. Dinamakan ote-ote porong karena makanan ini dijual di Jalan Raya Porong. Nah, bagi kamu yang hobi makan gorengan tidak ada salahnya untuk mencicipi ote-ote porong yang seringkali ramai oleh pengunjung ini.

12. Wader Kriuk

Wader merupakan ikan kecil yang hidup di air tawar. Walaupun ukurannya kecil, ikan wader kaya akan gizi. Ikan ini memiliki cita rasa yang gurih. Karena itulah banyak yang mengolah ikan ini sedemikian rupa untuk dikonsumsi. Di Kabupaten Sidoarjo sendiri terkenal makanan yang disebut wader kriuk.

Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa makanan ini merupakan olahan ikan wader yang digoreng hingga menjadi renyah seperti kerupuk. Wader kriuk ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena tahan lama.

Nah itu dia 12 makanan khas Kabupaten Sidoarjo yang harus kamu coba saat berkunjung ke sana. Jika kamu mengetahui makanan khas Sidoarjo yang lainnya bisa tinggalkan komentar di bawah.