12 Makanan Khas Sukabumi yang Unik dan Menggugah Selera

Kali ini akan dibahas tentang makanan khas Sukabumi yang mana sebelumnya kita telah membahas tentang makanan khas Brebes. Kota Sukabumi merupakan salah satu kota terkecil di Provinsi Jawa Barat.

Kata Sukabumi sendiri berasal dari Bahas Sunda yaitu Suka dan Bumen (Menetap) yang berarti sebuah wilayah yang disukai untuk menetap karena iklimnya yang sejuk. Sedangkan ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kata Sukabumi berasal dari Bahasa Sanskerta yaitu Suka dan Bhumi yang berarti “Bumi yang disukai”.

Itu tadi penjelasan singkat tentang Kota Sukabumi. Sekarang kita bahas tentang makanan-makanan khasnya.

1. Surabi Sukabumi

surabi sukabumi
(sportourism.id)

Makanan khas Sukabumi yang pertama adalah surabi. Saya yakin kamu sudah tidak asing lagi mendengar nama makanan surabi. Selain Bandung, Sukabumi juga memiliki makanan khas surabi. Yang menjadi ciri khas dari surabi Sukabumi adalah surabi rasa durian.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan surabi durian di Jalan Jenderal Soedirman Sukabumi. Untuk rasa tidak usah diragukan lagi. Bagi kamu yang suka makan durian dan suka dengan makanan yang manis sudah pasti juga suka dengan surabi ini.

Baca juga: Makanan dan Minuman Semarang untuk Kamu Pencinta Kuliner

2. Mochi Lampion

mochi lampion makanan khas sukabumi
(nisamobilsukabumi.com)

Selain surabi, kamu pasti juga sudah tidak asing dengan mochi. Makanan khas Sukabumi ini sslinya berasal dari Jepang yang kemudian dibawa oleh tentara Jepang saat menjajah Indonesia. Kue ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sampai halus dan kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat.

Di Jepang sendiri, kue ini sering dijadikan sajian saat perayaan tahun baru Jepang. Mochi memliki ciri khas rasa yang manis, lembut dan lengket saat dimakan. Di Sukabumi sendiri, mochi yang paling terkenal adalah Mochi Lampion yang juga dikenal dengan Mochi Kaswari.

mochi lampion di sukabumi
(info-smi.blogspot.co.id)

Mochi Lampion sudah diproduksi sejak tahun 1983. Bungkus yang digunakan oleh Mochi Lampion adalah tempat berbentuk kotak yang dibuat dari anyaman bambu. Kamu bisa memilih banyak varian rasa di antaranya rasa original, kacang, durian, kacang hijau, blueberry, kombinasi dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik untuk mencoba mochi Sukabumi, kamu bisa datang ke Jalang Bhayangkara No. 19, Kaswari 11, Selabatu, Cikole, Jawa Barat. Jika kamu tertarik untuk mencoba mochi Sukabumi, kamu bisa datang ke Jalang Bhayangkara No. 19, Kaswari 11, Selabatu, Cikole, Jawa Barat.

3. Bubur Ayam

bubur ayam makanan sukabumi
(resep.live)

Kalo makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Sampai-sampai para netien saling beradu agumen tentang bubur ayam lebih enak dinikmati langsung atau diaduk terlebih dahulu. Di supermarket pun kamu juga bisa menemukan bubur ayam yang dikemas dalam kemasan praktis.

Bubur ayam ini paling pas dijadikan sebagai sarapan. Isinya sendiri terdiri dari bubur, ayam yang telah dipotong kecil-kecil, bawang goreng, kacang goreng, telur ayam, kerupuk dan kuah kaldu.

4. Nasi Uduk Ungu

Nasi uduk ungu (mydairynote.blogspot.co.id)

Nah, kalo yang satu ini adalah makanan khas Sukabumi unik yang perlu kamu coba. Berbeda dengan nasi uduk pada umumnya, nasi uduk khas Sukabumi disajikan dalam warna yang berbeda yaitu ungu.

Lalu dari mana warna ungu itu dihasilkan? Ternyata warna ungu tersebut dihasilkan dari buah ubi dan bit. Nasi uduk ini disajikan bersama ayam goreng kemiri, tempe, tahu, lalap, sambal dan telur dadar tipis. Telur dadar tipis tersebut diletakkan di bawah nasi sebagai alas.

Nasi uduk ijo dan ungu (info-smi.blogspot.co.id)

Jika kamu tertarik untuk mencoba, kamu bisa datang ke Mamih Ungu Resto dan Cafe yang terletak di Jalan Brawijaya No. 16, Sriwidari, Sukabumi. Selain nasi uduk ungu, kamu juga bisa mencicipi nasi uduk ijo di rumah makan ini. Cita rasa nasi uduk ijo adalah pedas karena dibuat dengan campuran cabe hijau.

Baca juga: Makanan Khas Blora

5. Roti Priangan

roti priangan khas sukabumi
(pikiran-rakyat.com)

Roti Priangan merupakan salah satu kuliner legendaris yang dimiliki oleh Kota Sukabumi. Roti ini sudah diproduksi sejak tahun 1943 oleh Oey Tjiang Lie. Sekarang ini, makanan khas Sukabumi ini sudah dikelola oleh generasi ketiga keluarganya. Rumah produksinya berada di Jalan Parigi Kel. Nyomplong Kec. Warudoyong, Sukabumi.

Roti ini dibuat tanpa bahan pengawet. Varian roti yang menjadi ciri khas dari Roti Priangan ini adalah roti tanduk. Roti tanduk memiliki bentuk seperti tanduk yang berisi susu dan mentega. Selain roti tanduk, ada juga roti kepang dan roti manis.

6. Bandros Ata

kue bandros sukabumi
Kue Bandros (wati-cookery.blogspot.co.id)

Bandros merupakan kue yang dibuat dengan tepung beras, kelapa parut dan santan. Ata sendiri merupakan nama penjual bandros pada pertama saat pertama kali dijual. Bandros Ata ini sudah menjadi kuliner legenda di Sukabumi.

Bagi kamu yang ingin mencobanya bisa datang ke Jalan Gudang No. 4, Sukabumi. Buka dari pukul 20.30 sampai 06.00 WIB. Resep yang digunakan untuk membuat Bandros Ata diwariskan secara turun temurun dari tahun 1973 sampai sekarang.

bandros ata khas sukabumi
Bandros Ata (twidharyoko.wordpress.com)

Sekarang ini, Bandros Ata sudah dikelola oleh generasi ketiga dari keluarga Mbah Ata. Ada banyak pilihan menu yang bisa kamu cicipi di antaranya adalah rasa cokelat, vanilla, keju dan strawberry. Untuk minumannya, tempat ini menyediakan susu, teh, kopi, jeruk dan STMJ.

7. Mie Sukabumi

mie khas sukabumi
(kennyiskandar.blogspot.co.id)

Mie sudah dijadikan sebagai makanan pokok selain nasi di Indonesia. Bahkan mie sering dijadikan sebagai menu andalan anak kos di tanggal tua. Banyak juga daerah di Indonesia selain Sukabumi yang memiliki mie khasnya masing-masing.

Mie khas Sukabumi sendiri bisa kamu dapatkan di kedai-kedai mie yang terlektak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Sukabumi. Mie Sukabumi ini katanya hanya bisa bertahan selama satu hari sehingga kamu tidak bisa mencoba mie Sukabumi pada tempat lain.

8. Sekoteng Singapore

sekoteng singapore sukabumi
(openrice.com)

Bagi kamu yang sedang jalan-jalan waktu malam hari di Kota Sukabumi, Sekoteng Singapore sangat patut untuk kamu coba. Dengan mengonsumsi Sekoteng Singapore pada malam hari, kamu akan mendapatkan kehangatan tubuh plus tambahan daya tahan tubuh. Berisi kacang hijau, pacar cina, kacang tanah, agar-agar dan potongan roti.

Kamu bisa datang ke Jalan Ahmad Yani, Kebonjadi, Sukabumi untuk mencoba makanan khas Sukabumi ini. Sekoteng Singapore ini konon katanya sudah berdiri sejak tahun 2002 dan buka dari pukul 16.30 sampai 24.00 WIB. Perlu diketahui juga bahwa Sekoteng Singapore tidak membuka cabang sama sekali.

Yang membedakan Sekoteng Singapore dengan sekoteng pada umumnya dalah terdapat tambahan biskuit dan buah lengkeng.

9. Kue Jahe

Kue yang menjadi ikon pada salah satu versi Android ini merupakan makanan andalan Kota Sukabumi. Kue jahe dibuat dari jahe yang telah diparut lalu dicampur dengan gula. Sangat lezat jika dikonsumsi bersama sirup dingin atau teh panas.

10. Sagon Bakar Ciaul

sagon bakar ciaul
(cookpad.com)

Makanan ini terbuat dari kelapa, aci dan bahan-bahan lainnya. Sagon Bakar Ciaul sendiri merupakan makanan khas Sukabumi yang mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah. Terdapat berbagai macam rasa di antaranya rasa original, cokelat, kopi, keju dan masih banyak lagi.

Sagon Bakar Ciaul baik untuk kamu yang memiliki alergi dengan terigu (gluten) dan sedang diet rendah lemak. Lemak yang terdapat pada kelapa berkurang saat proses pengovenan.

11. Bolu Pisang Ibu Onih

(nathaliadp.com)

Jika kamu bukan orang Sukabumi dan sedang jalan-jalan ke sini, Bolu Pisang Ibu Onih sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Bolu Pisang Ibu Onih ini sudah dirintis sejak tahun 1988.

Di tangan Ibu Onih Suhartini, buah pisang dapat diubahnya menjadi jajanan yang memiliki nilai jual tinggi. Ibu Onih mengatakan bahwa ia memulai bisnis ini bermula dari hobinya membuat kue. Kemudian Ibu Onih menitipkannya ke beberapa warung terdekat.

Lama kelamaan namanya mulai dikenal banyak orang dan berbagai pesanan pun banyak berdatangan. Bolu yang dibuat oleh Ibu Onih ini dapat bertahan hingga seminggu walaupun dibuat tanpa bahan pengawet.

12. Pisang Cakra

makanan khas sukabumi - pisang cakra
(abowlofclover.com)

Selain mochi dan bolu pisang, kamu juga bisa membawa ke rumah Pisang Cakra sebagai oleh-oleh. Pisang Cakra adalah pisang cokelat yang dibalut oleh kulit lumpia. Saat memakannya, kamu akan merasakan lezatnya cokelat yang meledak di mulut.

Tersedia juga Pisang Cakra mentahan yang dapat kamu goreng sendiri di rumah sehingga bisa dinikmati dalam keadaan hangat. Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa mengunjungi Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gunung Parang, Cikole, Sukabumi. Buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam.

Itulah 12 makanan khas Sukabumi yang bisa kamu cicipi. Jangan lupa untuk melihat artikel makanan khas daerah lainnya di blog ini. Semoga bermanfaat