4 Makanan Khas Tangerang yang Perlu Untuk Kamu Coba

Kali ini LagiMakan.com akan membahas tentang makanan khas Tangerang. Kota Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten dan terbesar ketiga di wilayah Jabodetabek. Terletak di sebelah barat Kota Jakarta. Itulah perkenalan singkat tentang Kota Tangerang, sekarang kita masuk ke daftar makanan khas Tangerang.

1. Gecom (Toge Oncom)

makanan khas tangerang - gecom
(kmk312meettaa.wordpress.com)

Sesuai dengan namanya, Gecom merupakan makanan yang terdiri dari toge dan oncom. Biasanya makanan ini juga disebut dengan toge goreng pada daerah lain. Yang membedakan toge goreng Tengerang dengan toge goreng pada daerah lainnya adalah toge goreng Tangerang ini menggunakan kecap SH yang merupkan kecap khas Tangerang.

kecap sh tangerang
Kecap SH (tokopedia.com)

Proses pengolahannya pun terbilang unik. Gecom diolah menggunakan wajan datar dan serok untuk meracik mie dan toge. Proses pengolahan menggunakan wajan tadi diberi nama “proses menggoreng” meskipun sebenarnya merupakan proses merebus tanpa banyak air. Mungkin bagi kamu yang belum terbiasa mengonsumsi makanan ini akan merasa agak aneh. Kamu akan merasakan rasa sedikit asam dan kental.

Bahan saus yang digunakan kebanyakan terbuat dari kedelai. Oncomnya dibuat dari bungkil tahu yang merupakan kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Makanan ini merupakan produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang. Setelah kapang menghasilkan spora, maka oncom dianggap matang.

Baca juga Makanan Khas Brebes yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

2. Laksa Tangerang

laksa khas tangerang
(abouttng.com)

Laksa merupakan makanan sejenis mie yang ditambahkan dengan bumbu dari kebudayaan Peranakan. Terdapat beberapa jenis laksa. Nama laksa berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “banyak”. Jenis laksa yang paling terkenal adalah Laksa Penang yang mana memiliki bentuk mie bulat berwarna putih dan sedikit tebal.

Terdapat juga jenis-jenis laksa di Indonesia seperti Laksa Betawi, Laksa Bogor dan Laksa Tangerang. Karena kita sedang membahas makanan khas Tangerang, maka akan sedikit kita ulas tentang Laksa Tangerang.

Laksa Tangerang dibuat dari terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi mie. Mie tersebut ukurannya bisa dibilang hampir sama atau lebih besar dari spaghetti. Tekstur mienya agak kasar dan tidak lentur seperti mie kuning. Mie dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, dll sehingga tercipta rasa laksa yang gurih dengan kuah yang kental.

Tidak lupa tambahan pelengkap seperti taburan daun kucai, telur ayam atau potongan dading ayam. Daging ayam yang digunakan pelengkap dibakar terlebih dahulu supaya memiliki rasa yang makin gurih. Terdapat dua jenis Laksa Tangerang, yaitu buatan kaum pribumi dan buatan kaum peranakan yang diberi nama laksa nyonya.

Bagi kamu yang ingin mencoba Laksa Tangerang ini bisa mengunjungi Jl Muhammad Yamin Kel.Babakan Kec.Tangerang, Tangerang. Kawasan tersebut terletak dekat dengan Tangerang City Mall.

3. Pindang Bandeng

pindang bandeng - makanan khas tangerangpindang bandeng - makanan khas tangerang
(arifinsuryaa.wordpress.com)

Walaupun Ikan Bandeng merupakan ikan yang memiliki banyak duri, namun ikan ini masih banyak diburu karena memiliki daging yang gurih dan lembut. Pindang bandeng diolah dengan menggunakan bumbu yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, salam, jahe dan kunyit.

Bumbu lainnya yang sering dijadikan sebagai tambahan adalah belimbing sayur, asam jawa dan kecap manis. Yang membedakan pindang bandeng khas Tangerang dengan pindang bandeng dari daerah lainnya adalah terdapat emping mlinjo goreng yang dimasukkan ke dalam kuah.

Pindang bandeng sering dijadikan sebagai sajian saat perayaan tahun baru Imlek oleh warga Tionghoa di Tangerang. Biasanya disajikan untuk jamuan keluarga besar atau tamu yang berkunjung ke rumah mereka.

Para menantu juga mengirimkan pindang bandeng ke rumah mertua dan orang tua mereka di pagi hari sebagai bentuk perhatian. Semakin besar ukuran ikan bandeng yang mereka kirimkan maka semakin besar bentuk perhatian yang mereka berikan.

Baca juga Makanan Khas Sukabumi yang Unik dan Menggugah Selera

4. Ceplis

ceplis putra 999 banten
(pingbanten.blogspot.co.id)

Bagi kamu yang sedang jalan-jalan ke Tangerang dan bingung untuk membawa oleh-oleh bisa memilih ceplis. Cemilan ini memiliki rasa yang gurih. Bahan dasar yang digunakan adalah melinjo khas Banten. Jika kamu rasakan, ceplis ini rasanya tidak jauh beda dengan emping. Mungkin karena menggunakan bahan dasar yang sama.

Itulah tadi 4 makanan khas Tangerang yang perlu untuk kamu coba. Mungkin di lain kesempatan akan saya tambah lagi daftarnya. Jika ada tambahan jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya di komentar. Semoga bermanfaat