7+ Makanan dan Minuman Khas Betawi Jakarta, Ibu Kota Indonesia

Pada artikel kali ini kita akan membahas makanan dan minuman khas dari Ibu kota Indonesia yaitu Jakarta. Banyak sekali makanan dan minuman khas Jakarta ini yang erat kaitannya dengan sejarah maupun adat istiadat yang ada. Mau tau apa aja itu? Ini dia daftarnya

1. Kerak Telor

kerak telor betawi
(pegipegi.com)

Nama kerak telor pastinya sudah tidak asing lagi di telingamu. Makanan khas Jakarta ini terbuat dari beras ketan putih, telur ayam dan ebi. Menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang merah goreng, cabai merah, kelapa sangrai, kencur, merica, jahe, garam dan gula pasir. Dengan perpaduan bumbu-bumbu tadi terciptalah rasa gurih pada kerak telor yang membuat ketagihan.

Menurut sejarahnya, kerak telor ini muncul secara tidak secara hasil dari percobaan orang-orang Betawi yang tinggal di Kawasan Menteng. Orang-orang tersebut memanfaatkan buah kelapa yang dahulu banyak terdapat di Jakarta untuk membuat berbagai macam masakan termasuk kerak telor ini. Makanan ini mulai dijual pada tahu 1970an di daerah Monas dan kemudian menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Jakarta.

Rekomendasi: Makanan dan Minuman Khas Semarang

2. Ketoprak

ketoprak khas jakarta
(youtube.com)

Makanan selanjutnya yang tidak kalah populer dengan kerak telor sebagai makanan khas Jakarta adalah ketoprak. Biasanya ketoprak berisi ketupat, bihun, tahu, tauge, timun dan telur rebus yang disiram menggunakan saus kacang dan kecap manis. Kerupuk atau emping melinjo sering dijadikan sebagai pelengkap.

3. Soto Betawi

soto betawi
(okezone.com)

Jakarta juga memiliki soto khasnya sendiri seperti beberapa kota lainnya di Indonesia. Namanya adalah soto Betawi. Soto Betawi menggunakan jeroan seperti halnya soto Madura dan soto Sulung. Tidak lupa juga daging sapi sebagai bahan campuran pada soto Betawi.

Kuah soto Betawi sendiri beda dengan soto khas dari kota-kota lainnya yaitu menggunakan campuran santan serta susu. Nah, di kuahnya itulah ciri khas yang paling menonjol dari soto Betawi ini.

4. Soto Tangkar

soto tangkar khas jakarta
(craftlog.com)

Selain soto Betawi, Jakarta juga memiliki soto tangkar. Tangkar sendiri merupakan sebutan untuk iga sapi di zaman penjajahan Belanda. Yang berbeda dengan soto Betawi adalah soto tangkar menggunakan santan yang dicampur dengan kunyit dan cabai sehingga warnanya menjadi kuning kemerahan.

Konon katanya soto ini merupakan soto yang dinikmati oleh kalangan bawah pada jaman Belanda. Itu dikarenakan tulang iga yang dijadikan sebagai bahan utama.

Baca juga: Makanan dan Minuman Khas Blora, Jawa Tengah

5. Nasi Uduk Betawi

nasi uduk khas betawi
(food.detik.com)

Pasti kamu sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Bahkan di kota-kota selain Jakarta sudah banyak tempat-tempat yang menjajakan nasi uduk. Di internet pun kamu juga dapat dengan mudah menemukan resep cara membuat nasi uduk.

Nasi uduk merupakan nasi yang dikukus dengan santan sehingga menghasilkan rasa yang gurih. Biasanya nasi uduk dihidangkan dengan telur dadar, emping goreng, tahu goreng, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng serta timun dan sambal sebagai pelengkap.

6. Laksa Betawi

laksa betawi
(tiarmuch.blogspot.com)

Laksa merupakan makanan sejenis mie yang berasal dari budaya Peranakan. Nama laksa berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya “banyak”. Jakarta punya laksa khasnya yang bernama laksa Betawi. Laksa Betawi terdiri dari bihun, telur rebus, ayam, udang, tauge serta kuah yang menggunakan santan.

Biasanya laksa ditambahi irisan daun tipis untuk menambah citarasa sedikit asam pada kuahnya. Di Jakarta sendiri makanan ini biasanya dijual oleh pedagang-pedagang gerobak yang berkeliling atau mangkal di pinggir jalan.

7. Es Selendang Mayang

es selendang mayang
(resepgulaku.com)

Sekarang kita beralih ke minuman. Jakarta punya minuman khas yang bernama selendang mayang. Nama selendang mayang diambil dari selendang yang berwarna-warni yang digambarkan pada kue selendang mayang. Kata “mayang” sendiri ditujukan pada makna manis dan kenyal minuman ini.

Minuman ini berisi kue yang mirip seperti kue lapis kanji. Kuahnya menggunakan air santan yang dicampur dengan gula merah cair dan tidak lupa tambahan es untuk menambah kesegaran dari es selendang mayang ini.

8. Es Goyang

es goyang betawi
(okezone.com)

Jajanan yang satu ini menjadi favorit bagi anak-anak sekolah. Es ini terbuat dari santan, gula dan tepung hunkwe. Es goyang dijual menggunakan gerobak yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat berjualan tapi juga berfungsi untuk membuat es goyang itu sendiri.

Dinamakan es goyang karena pembuatan es ini adalah dengan cara menggoyang-goyangkan gerobak. Adonan es yang masih cair dituang ke dalam cetakan es kemudian gerobak digoyang-goyangkan beberapa kali sampai adonan es goyang menjadi keras.

9. Kue Rangi

kue rangi khas betawi
(merahputih.com)

Nah kalo yang satu ini merupakan jajanan khas Jakarta yang perlu untuk kamu coba. Biasanya juga disebut dengan sagu rangi. Terbuat dari campuran tepung kanji dan kelapa parut yang diolah dengan cara dipanggang pada cetakan khusus di atas tungku kecil. Kue ini disajikan dengan olesan gula merah kental.

Kue ini memiliki aroma wangi dan rasa yang gurih karena dipanggang menggunakan bahan bakar kayu. Jika kamu mengenal makanan khas Jawa Barat yang bernama bandros maka kue rangi ini hampir mirip dengannya. Kue ini harus segera dihabiskan karena tidak dapat bertahan lama.

10. Roti Buaya

roti buaya
(wikipedia.org)

Roti yang satu ini biasanya dijadikan sebagai dihadirkan pada upacara pernikahan dan kenduri tradisional Betawi. Teksturnya sama seperti roti manis pada umumnya namun berbentuk buaya. Roti ini sering ada pada acara pernikahan karena dipercaya sebagai lambang kesetiaan. Buaya merupakan hewan setia yang hanya kawin dengan satu pasangan saja.

11. Dodol Betawi

dodol betawi
(ilotte.com)

Tidak hanya Garut, Jakarta juga punya dodol khasnya sendiri yang bernama dodol Betawi. Dodol betawi memiliki hitam kecoklatan. Terdapat beberapa rasa dari dodol betawi seperti ketam hitam, ketan putih dan durian.

Dodol betawi dibuat menggunakan ketan, santan, gula merah dan gula pasir dengan dimasak di atas tungku kayu bakar sampai 8 jam lamanya. Jajanan yang satu ini sering disajikan saat Idul Fitri. Bentuknya kecil memanjang dan dipotong tipis-tipis saat disajikan sehingga menghasilkan bentuk bulat kecil-kecil

12. Kue Cucur

kue cucur khas betawi
(food.detik.com)

Kue cucur sebenarnya merupakan kue internasional yang juga ada di negara lain, seperti kuih cucur di Malaysia dan khanom fak bua di Thailand. Nah untuk di Indonesia sendiri kamu juga bisa dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

Versi populer dari kue cucur di Indonesia adalah kue cucur versi Betawi. Kue ini terbuat dari bahan utama beras dan gula aren, diolah dengan cara digoreng. Di Jakarta sendiri, kue cucur sering dihidangkan pada acara-acara adat.

13. Sayur Besan

sayur besan
(shopee.co.id)

Kalo sayur yang satu ini merupakan sayur khas Jakarta yang sudah mulai langka karena bahannya yang sudah untuk didapatkan. Sayur ini identik dengan acara besanan (pernikahan). Itulah kenapa sayur ini dinamakan sayur besan yang berasal dari kata besanan. Bahan utama pada sayur ini adalah terubuk. Terubuk termasuk dalam jenis bunya dan bentukny sama seperti tanaman tebu.

Demikian artikel tentang makanan serta minuman khas Betawi Jakarta yang saya yakin sebenarnya masih banyak lagi yang belum disebutkan di atas. Jika kamu ada tambahan makanan yang lainnya bisa tulis di kolom komentar ya.