By lagimakan

0

lontong krubyuk

15 Makanan dan Minuman Khas Jepara yang Harus Kamu Coba

Categories : Kuliner Khas Daerah

Jepara merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan ukirannya, ternyata Jepara memiliki banyak sekali makanan khas yang mungkin belum familiar di telinga kita. Apa sajakah itu?

1. Sayur Betik

sayur betik jepara
(masakapaya.com)

Daftar makanan khas Jepara yang pertama adalah sayur betik. Sayur ini terbuat dari bahan dasar pepaya muda dan daging tetelan. Sayur ini sering dijadikan sebagai menu sehari-hari oleh masyarakat Kabupaten Jepara. Kamu juga bisa mencobanya dengan mencari resep dari sayur betik yang banyak tersedia di internet melalui Google.

Rekomendasi untukmu: Makanan Khas Garut yang Bisa Dicicipi dan Dijadikan Oleh-Oleh

2. Bongko Mento

bongko mento
(suara.com)

Seperti apa sih Bongko Mento itu? Apakah kamu sudah pernah mencicipinya? Makanan yang satu ini dikenal sebagai makanan favorit dari Keraton Jepara.

Bongko Mento ini bisa disajikan sebagai hidangan keluarga atau juga acara santai seperti arisan. Makanan ini merupakan dadar dengan berbagai macam isian seperti jamur kuping, suwiran ayam yang dibungkus menggunakan daun pisang.

3. Lontong Krubyuk

lontong krubyuk
(travelingyuk.com)

Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makan siang. Nama lontong krubyuk diambil dari kata ngrubyuk yang berarti melewati genangan air. Sesuai dengan namanya, lontong krubyuk disajikan dengan kuah yang banyak.

Yang membedakan lontong krubyuk dengan menu lontong pada umumnya adalah terdapat suwiran daging ayam semur yang disiram dengan kuah bakso. Tidak lupa pelengkap berupa kecap dan bawang goreng.

4. Opor Panggang

opor panggang jepara
(pegimakan.id)

Selanjutnya ada opor panggang. Sesuai dengan namanya, perbedaannya dengan opor pada umumnya adalah dari cara memasaknya. Opor panggang Jepara biasanya dibakar menggunakan paso. Paso merupakan tempat berbentuk bak yang terbuat dari tanah liat.

5. Pindang Serani

pindang serani jepara
(semarangpos.com)

Pindang serani merupakan makanan khas Jepara semacam sup ikan laut. Yang berbeda dari pindang serani Jepara dengan sajian pindang Jakarta adalah kuahnya yang bening tidak mengandung kecap. Makanan ini sangat cocok dijadikan menu makan siang. Memiliki perpaduan rasa asam, manis dan pedas. Bahan yang digunakan adalah ikan laut dan beberapa bumbu seperti belimbing wuluh, tomat, daun bawang dan daun kemangi.

Baca juga: Makanan Khas Sidoarjo yang Bikin Penasaran

6. Sop Udang Jepara

sop udang
(cookpad.com)

Melimpahnya udang di pesisir pantai Jepara menjadikan sop udang sebagai makanan khas Jepara. Sop udang Jepara merupakan olahan sop yang menggunakan udang goreng dan cabe yang sudah ditumbuk diguyur dengan kaldu udang. Perpaduan antara udang dan kuah menghasilkan rasa yang nikmat dan segar.

7. Tempong atau Blenyik

tempong blenyik
(pegimakan.id)

Tempong merupakan makanan yang terbuat dari kumpulan ikan teri kecil. Makanan ini juga dikenal dengan nama blenyik. Bentuk dari tempong adalah kepalan seperti bakwan. Sangat cocok dinikmati saat turun hujan dengan nasi hangat.

Rasanya asin karena dicampur dengan garam. Tempong atau blenyik dapat diolah dengan cara digoreng maupun dikukus dengan campuran bawang merah, bawang putih, irisan cabe dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini juga bisa diolah dengan menambahkan campuran telur.

8. Soto Jepara

Entah mengapa banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki soto khasnya masing-masing, tidak terkecuali Kabupaten Jepara. Yang membedakan soto khas Jepara dengan soto khas dari daerah lain adalah terdapat kucai di dalamnya.

Apa itu kucai? Kucai merupakan tumbuhan yang juga dikenal sebagai sayuran daun. Bentuk dari kucai mirip dengan daun bawang. Nah, bagi kalian yang suka dengan soto jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini.

9. Singit

singit khas jepara
(resepnusantara.id)

Kalo yang satu ini sangat cocok bagi kalian pencinta makanan olahan daging. Bahan yang digunakan dalam membuat makanan ini adalah daging sengkel yang merupakan bagian atas kaki sapi, santan, kecap manis dan bumbu-bumbu lainnya.

10. Horok Horok

horok-horok khas jepara
(ksmtour.com)

Horok-horok merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama tepung pohon aren. Di luar Jepara, makanan ini jarang ditemukan. Biasanya horok-horok disantap bersama soto, gulai, sate kikil dan bakso. Kamu juga bisa mencampurnya dengan sedikit santan dan gula aren seperti saat makan bubur.

Rekomendasi: Makanan dan Minuman Khas Betawi Jakarta

11. Kuluban

kuluban jepara
(cookpad.com)

Kuluban ini merupakan saladnya Kabupaten Jepara. Bagi kamu yang ini mencicipi makanan ini bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional yang ada di Jepara. Sayur-sayuran yang terdapat pada kuluban adalah nangka muda, tauge, kacang panjang, duan kacang panjang dan petai. Bumbu yang digunakan adalah garam, gula pasir, cabai merah, terasi sangrai, bawang putih, jeruk dan kencur.

12. Sambal Samtis

sambal samtis
(bukalapak.com)

Nama Samtis merupakan singkatan dari sambal dan petis. Bahan yang digunakan adalah udang karena daerah Jepara yang dikenal dengan udangnya yang melimpah. Perpaduan udang dengan cabai dan bumbu-bumbu lainnya menciptakan rasa yang nikmat. Sambal samtis sangat cocok sebagai pendamping makan nasi.

13. Wedang Horok-Horok

Kalau di daftar makanan khas Jepara terdapat horok-horok, di daftar minuman khas Jepara terdapat yang namanya wedang horok-horok. Dinamakan wedang horok-horok karena bahan utama yang digunakan adalah horok-horok. Minuman ini sangat cocok dinikmati hangat-hangat saat cuaca dingin.

14. Es Gempol

es gempol
(wikipedia.org)

Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini bahan utamanya adalah gempol. Gempol merupakan adonan berbentuk bulat dan berwarna-warni yang terbuat dari tepung beras. Air dari es gempol terbuat dari santan dan gula. Tidak lupa tambahan es supaya minuman ini semakin segar.

15. Kopi Tempur

kopi tempur
(oknusantara.com)

Nah bagi kamu pencinta kopi jangan sampai melewatkan minuman yang satu ini. Dinamakan kopi tempur karena berasal dari Desa Tempur. Kopi tempur sangat nikmat diminum panas-panas saat cuaca dingin.

Nah itulah daftar 15 makanan serta minuman khas Jepara yang bisa kamu coba. Jika kamu mengetahui makanan atau minuman khas Jepara lainnya bisa menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung