17 Makanan dan Minuman Khas Lampung yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan ibu kota Bandar Lampung. Dan blog ini pastinya ingin membahas makanan dan minuman khasnya. Mungkin daftar makanan dan minuman di bawah ini belum pernah kamu ketahui khususnya bagi yang tinggal di luar Pulau Sumatera.

1. Pisang Geguduh

Pisang Geguduh khas Lampung
(travel.tempo.co)

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Lampung yang biasanya dinikmati bersama dengan kopi. Pisang geguduh adalah versi pisang goreng khas dari Lampung.

Perbedaan pisang geguduh dengan pisang goreng pada umumnya adalah pisang yang akan digoreng dengan tepung terigu dihancurkan sampai halus terlebih dahulu. Untuk menambah kenikmatan rasa, pisang geguduh bisa ditambahkan selai, susu, cokelat atau tambahan lainnya sebelum digoreng.

2. Sambal Asam Kembang

Untuk kamu pencinta pedas, maka sambal khas Lampung yang satu ini patut untuk kamu cicipi. Bahan dasar dari sambal asam kembang adalah terasi dan mangga muda. Kamu bisa mendapatkan sambal asam kembang di toko oleh-oleh yang ada di Lampung. Pastinya sambal yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

3. Sambal Tempoyak Udang

Sambal Tempoyak Udang khas Lampung
(CookPad: Rati Anggaresi)

Makanan khas Lampung lainnya adalah sambal tempoyak udang. Tempoyak sendiri merupakan hasil fermentasi durian yang sudah matang. Bahan dasar dari sambal tempoyak udang adalah udang dan tempoyak. Udang dan tempoyak tersebut diolah dengan berbagai macam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, gula, garam, cabe dan lain-lain.

4. Umbu

Umbu khas Lampung
(hasbundoya.com)

Umbu merupakan lalapan khas Lampung. Bahan utama dari Umbu adalah rotan muda. Rotan muda tersebut diolah dengan cara direbus hingga lunak. Rasanya cenderung pahit seperti pare. Umbu sering disajikan pada upacara adat di Lampung.

5. Gulai Taboh

Gulai Taboh khas Lampung
(Instagram: novika_fr)

Makanan khas Lampung yang kelima adalah gulai taboh. Gulai taboh merupakan makanan khas Lampung yang memiliki tampilan seperti sayur lodeh. Yang membedakan adalah gulai taboh ini terdapat olahan ikan di dalamnya.

Mungkin kamu tertarik → Makanan Khas Palembang yang Wajib Kamu Coba

6. Benjak Enjak

Benjak Enjak
(republika.co.id)

Benjak enjak merupakan kue tradisional khas Lampung yang terbuat dari ketan, pisang dan gula merah. Kue ini dibungkus menggunakan daun pisang. Rasa manis yang dihasilkan dari paduan antara ketan, pisang dan gula merahnya merupakan ciri khas dari kue ini.

7. Sayur Gabing

Makanan khas Lampung yang ketujuh adalah gabing. Gabing merupakan sayur khas Lampung yang terbuat dari batang kelapa muda menggunakan kuah santan. Sayur gabing ini mirip dengan sayur gori yang biasanya ada di Jawa.

8. Pie Susu Pisang

(yussyakmal.com)

Pie susu yang diolah dengan pisang menjadi cemilan khas Lampung yang unik. Namanya adalah pie susu pisang. Jika kamu tertarik dengan cemilan yang satu ini bisa berkunjung ke Yussy Akmal, Jalan ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung. Terdapat beberapa varian rasa yang dapat kamu cicipi yaitu cokelat, keju, dan oreo.

9. Kue Segumpal

Kue segumpal merupakan kue khas Lampung yang bisa kamu temukan saat bulan Ramadhan. Bahan utama kue segumpal adalah santan dan beras ketan. Bentuknya bulat lebar dan agak tebal dengan rasa yang manis. Kue segumpal diolah dengan cara dikukus dan direbus. Biasanya kue ini disajikan saat berbuka puasa.

10. Engkak Ketan

Kamu tahu lapis legit? Nah, engkak ketan ini merupakan lapis legit khas dari Lampung. Yang membedakan adalah engkak ketan memiliki tekstur yang lebih lembut. Bahan dasar dari engkak ketan adalah tepung terigu, mentega dan telur.

Baca juga → Makanan dan Minuman Khas Padang selain Rendang dan Sate Padang

11. Pindang Patin

Sesuai dengan namanya, pindang patin merupakan olahan ikan patin yang dibuat pindang. Pindang sendiri bukanlah merupakan nama ikan, namun merupakan hasil ikan yang diolah dengan kombinasi perebusan dan penggaraman. Pindang patin memiliki kuah dengan rasa manis, asam, asin dan pedas bercampur menjadi satu.

12. Seruit

Seruit merupakan makanan khas Lampung dengan bahan utama ikan. Makanan ini juga dikenal dengan nama seruit. Ikan tersebut diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Ikan yang sudah diolah disajikan dengan sambal terasi atau sambal tempoyak. Biasanya makanan ini disajikan juga dengan minuman khas Lampung yang bernama serbat kweni.

13. Bakso Sony

(travel.kompas.com)

Bagi kamu pencinta bakso, jangan sampai melewatkan bakso yang terkenal di Lampung ini. Namanya Bakso Sony. Ada banyak sekali gerai Bakso Sony yang tersebar di seluruh Lampung. Kamu bisa mencarinya melalui Google Maps. Jika kamu ingin mencicipi bakso sony ada baiknya datang lebih awal karena Bakso Sony biasanya ramai oleh pengunjung.

14. Emping Rajabasa

Emping merupakan makanan ringan berupa keripik yang terbuat dari biji melinjo. Rasanya sedikit pahit. Kalau Rajabasa merupakan nama salah satu kecamatan di Lampung. Jadi emping rajabasa merupakan emping yang berasal dari Kecamatan Rajabasa. Emping sangat cocok dijadikan sebagai cemilan atau pendamping makanan berat.

15. Serbat Kweni

(masakitujempol.blogspot.com)

Jika di atas tadi kita sudah membahas tentang makanan khas Lampung, maka sekarang kita masuk ke pembahasan minuman khas Lampung. Yang pertama ada es serbat kweni. Apa itu serbat kweni? Sesuai namanya, serbat kweni merupakan minuman yang dibuat menggunakan bahan utama buah kweni. Mungkin kamu baru mendengar nama buah ini.

Buah kweni merupakan buah yang masih satu jenis dengan buah mangga. Buah ini memiliki warna oranye atau kuning seperti mangga. Buahnya harus dan dagingnya lembut. Karakter dari buah ini berada di antara mangga dan bacang.

Kembali lagi ke pembahasan, es serbat kweni biasanya disajikan sebagai minuman pendamping dari seruit. Minuman ini dikonsumsi oleh masyarakat Lampung sebagai penetral rasa makanan. Es serbat kweni memiliki rasa asam dan manis. Dan juga tambahan es menambah kesegaran dari minuman ini.

Jangan sampai terlewat → Makanan dan Minuman Khas Solo yang Dapat Mewarnai Perjalananmu

16. Kopi Lampung

Minuman khas Lampung yang kedua adalah Kopi Lampung. Bagi kamu pencinta kopi jangan sampai melewatkan minuman yang satu ini. Kopi Lampung dikenal memiliki cita rasa pahit dan pekat. Konon katanya, Kopi Lampung sudah ada sejak tahun 1900an. Kopi lampung dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda yang mana orang-orangnya suka minum kopi.

17. Es Kopi Jelly

(Cookpad: Nathasya’s Kitchen)

Selain Kopi Lampung, ada juga kopi khas Lampung yang bernama kopi jelly. Es kopi jelly sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan rasa pahit pekat dari Kopi Lampung. Es kopi jelly dibuat dari campuran Kopi Lampung dan susu kental manis ditambah dengan jelly yang sudah dipotong kecil-kecil. Es kopi jelly sangat cocok dinikmati saat cuaca panas.

Nah itu tadi 17 makanan dan minuman khas Lampung yang mungkin belum kamu ketahui. Mungkin dari kamu yang sudah pernah mencicipi salah satu atau mengetahui makanan dan minuman khas Lampung yang belum tertera di atas bisa tulis di kolom komentar ya.