15+ Makanan dan Minuman Khas Padang selain Rendang dan Sate Padang

Padang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatra Barat. Jika berbicara tentang makanan, apa yang terlintas dalam pikiranmu saat mendengar kata Padang? Pastinya sebagian besar dari kalian akan langsung berpikir tentang Sate Padang dan Rendang.

Kedua makanan tersebut sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia tersebut bahkan sampai luar negeri. Namun selain Sate Padang dan Rendang, Padang masih memiliki banyak sekali makanan khas. Ini dia daftar makanan khas Padang selain Sate Padang dan Rendang.

1. Sate Lokan

Sate Lokan
(indonesiakaya.com)

Selain Sate Padang, ada juga sate khas Padang yang wajib kamu coba. Namanya adalah Sate Lokan. Sate Lokan adalah sate khas dari kawasan Pesisir Selatan Sumatera Barat. Lokan merupakan hewan laut sejenis kerang yang memiliki ukuran lebih besar dan daging lebih tebal.

Pesisir Selatan menjadi pemasok lokan terbesar di Sumatera Barat. Sate Lokan disajikan dengan siraman kuah Sate Padang dan potongan ketupat. Jika kamu sedang berada di Padang, jangan lewatkan makanan yang satu ini karena kamu akan sulit menemukannya di luar Padang.

2. Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas
(sajiansedap.grid.id)

Ayam goreng lengkuas atau biasa juga disebut dengan ayam goreng laos merupakan sajian ayam goreng khas Padang yang patut untuk coba. Tampilan dari ayam goreng lengkuas ini hampir mirip dengan ayam goreng ungkep bumbu kuning loh. Yang membedakannya dengan ayam goreng ungkep adalah adanya kremesan lengkuas yang bikin ketagihan.

Bahan utama yang digunakan tentu saja sesuai dengan namanya yaitu ayam dan lengkuas. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk ayam goreng lengkuas adalah lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, gula, garam dan penyedap rasa.

3. Ayam Pop

Ayam Pop
(agendaresepmasakan.blogspot.com)

Sajian ayam pop ini menjadi salah satu menu favorit yang ada di Rumah Makan Padang. Tampilannya mungkin terkesan kurang gurih karena berwarna putih dan terkesan pucat. Namun jangan menilai terlalu cepat sebelum kamu mencicipinya. Meskipun berwarna putih, namun rasa gurih dari ayam pop justru bisa membuat kamu ketagihan.

Yang menjadi keunikan atau ciri khas dari ayam pop adalah pengolahannya yang menggunakan air kelapa. Biasanya ayam pop disajikan dengan daun sinkong. Ayam pop akan menjadi lebih nikmat apabila ditambah sambal merah.

4. Kalio Daging

Kalio Daging
(medium.com)

Kamu pasti tau kan rendang yang masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia. Nah kalau kalio ini merupakan olahan rendang setengah jadi. Warnanya masih kecoklatan lebih muda apabila dibandingkan dengan rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Teksturnya juga lengket dan agak basah apabila dibandingkan dengan rendang yang kering dan bertekstur lebih kasar. Isi dari kalio ini sama seperti rendang yaitu daging sapi atau ayam.

5. Kalio Jariang

Kalio Jariang
(cookpad.com)

Jika tadi di nomor 4 ada kalio daging, maka ada juga yang bernama kalio jariang. Jariang merupakan nama lain dari jengkol. Jadi sajian khas Padang yang satu ini merupakan sajian jengkol berbumbu kalio. Jadi bagi kamu yang menyukai jengkol dan ingin mencoba cara penyajian jengkol yang berbeda bisa mencoba makanan khas Padang yang satu ini.

6. Palai Bada

Palai Bada khas Sumatera Barat
(idntimes.com)

Palai bada merupakan makanan khas Sumatera Barat yang bahan utamanya adalah ikan teri. Sajian yang satu ini lebih dikenal sebagai pepes ikan teri karena hampir sama seperti pepes pada umumnya, ikan teri pada sajian palai bada dibungkus menggunakan daun pisang. Namun untuk proses pembuatannya, apabila pepes pada umumnya dikukus, pala bada diproses dengan cara dibakar sehingga menghasilkan rasa yang khas.

7. Tumbang Pisang

Tumbang Pisang merupakan jajanan khas Padang yang terbuat dari bahan dasar pisang gepok muda. Pisang gepok muda direbus kemudian dihaluskan lalu diberi taburan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula aren. Sangat cocok dinikmati di saat senggang atau saat berkumpul dengan keluarga.

8. Lompong Sagu

Lompong Sagu
(cookpad.com)

Lompong sagu merupakan kue khas Padang yang sudah sulit untuk ditemui. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari kue ini adalah tepung sagu. Kue ini memiliki rasa manis dan sedikit gurih yang khas. Ciri dari kue lompong sagu adalah dibungkus menggunakan daun pisang. Lompong sagu sangat nikmat disantap langsung setelah dipanggang.

9. Soto Padang

Soto Padang
(masakandapurku.com)

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki soto khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Padang yang juga memiliki soto khas. Soto Padang menggunakan kuah kaldu sapi dengan isian daging sapi yang diolah dengan cara digoreng kering. Yang menjadi ciri khas dari Soto Padang biasanya disajikan dengan kerupuk berwarna pink.

10. Gulai Banak

Gulai Banak
(Instagram: padangkitchen)

Gulai banak biasa dikenal dengan sebutan gulai otak. Merupakan sajian gulai pedas dengan bahan utama potongan otak sapi. Otak sapi merupakan organ sapi yang memiliki tekstur yang lembut dan gurih. Karena itulah banyak orang yang menyukai sajian ini. Walaupun rasanya enak, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak karena memiliki kandungan kolesterol tinggi.

11. Gulai Tauco

Gulai Tauco
(cookpad.com)

Jika kamu sudah mencicipi gulai banak, maka kamu bisa mencicipi gulai tauco. Isi dari gulai tauco terdiri dari sayur buncis, tahu putih, tempe, petai dan kuah santan yang diolah dengan berbagai macam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, tauco, cabe, tomat hijau, serai, lengkuas dan masih banyak lagi. Sangat cocok disajikan sebagai menu makan besar bersama dengan nasi atau ketupat.

12. Gulai Pakis

Gulai Pakis
(merahputih.com)

Daftar terakhir untuk sajian gulai pada artikel makanan khas Padang kali ini adalah gulai pakis. Karena namanya gulai pakis, maka dapat dipastikan bahwa makanan ini merupakan olahan gulai dan sayur pakis. Gulai pakis ini juga sering disebut dengan gulai paku.

Udang merupakan hewan yang sering digunakan dalam sajian gulai pakis. Biasanya makanan ini disajikan dengan ketupat. Gulai pakis akan menjadi tambah enak apabila disajikan bersama dengan rendang khas Padang.

13. Pinyaram

Pinyaram khas Sumatera Barat
(id.wikipedia.org)

Pinyaram merupakan kue yang biasa disajikan saat menyambut hari raya tertentu. Kue ini terbuat dari tepung beras, beras hitam, gula dan santan. Diolah dengan cara digoreng. Bentuknya mirip dengan kue cucur.

14. Dendeng Balado

Dendeng Balado
(fimela.com)

Kemu tahu dendeng? Dendeng merupakan makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi yang diiris tips dan lebar. Irisan daging sapi tersebut selanjutnya dikeringkan dan diolah dengan cara digoreng. Karena namanya dendeng balado, pastinya olahan dendeng tadi ditambahkan bumbu balado. Bahan yang digunakan untuk bumbu balado adalah cabai merah, bawang merah, daun jeruk, garam, jeruk nipis, gula pasir dan minyak goreng.

15. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok
(cookpad.com)

Setelah dendeng balado, ada lagi dendeng batokok. Sama-sama merupakan masakan olahan dendeng, namun yang membedakan adalah bumbu yang digunakannya. Jika dendeng balado menggunakan bumbu yang terbuat dari cabai merah, sedangkan dendeng batokok menggunakan bumbu yang terbuat dari cabai hijau.

16. Lamang Tapai

(lifestyle.okezone.com)

Lamang merupakan cemilan yang Padang yang terbuat beras ketan. Proses pengolahannya adalah dengan cara dimasak dalam bambu muda bersama santan. Untuk tapai yang digunakan pada sajian lamang tapai adalah tape beras hitam yang merupakan fermentasi dari beras ketan. Biasanya cemilan ini dijumpai saat Idul Fitri.

17. Asam Padeh

Asam Padeh
(fimela.com)

Makanan ini biasanya dapat ditemukan di Rumah Makan Padang. Bahasa Indonesianya adalah asam pedas. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki rasa asam dan pedas. Terbuah dari bahan utama ikan dan belimbing sayur.

18. Teh Talua

Teh Talua
(idntimes.com)

Minuman khas Padang yang satu ini terbuat dari campuran teh, telur dan gula. Disajikan dengan sedikit perasan jeruk nipis. Yang unik dari teh talua adalah jika kamu mendiamkannya beberapa saat, maka akan terbentuk lapisan berbagai macam warna dari minuman ini yang terbentuk dari berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini. Teh talua memiliki khasiat untuk menambah stamina.

19. Es Tebak

Es Tebak
(apasih.web.id)

Kalo yang ini merupakan minuman es campur khas Padang. Kata “tebak” pada minuman ini bukan berasal dari kata tebak-tebakan melainkan sebutan untuk olahan campuran tepung beras ketan dan tepung sagu. Olahan tebak dibentuk tipis-tipis seperti cendol.