15 Makanan dan Minuman Khas Solo yang Dapat Mewarnai Perjalananmu

Kota Solo atau biasa juga disebut dengan Surakarta merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota terbesar ketiga di Jawa bagian Selatan ini memiliki beragam makanan serta minuman khas yang jangan sampai kamu lewatkan saat berkunjung ke kota ini. Apa sajakah itu?

1. Sosis Solo

Sosis Solo
(style.tribunnews.com)

Daftar dari makanan khas Solo yang pertama adalah sosis solo. Jika kamu menyukai makanan olahan daging baik itu daging sapi atau ayam, maka makanan khas Solo yang satu ini wajib kamu coba. Sosis Solo merupakan adopsi dari sosis zaman Belanda yang kemudian disesuakan dengan gaya lokal Solo.

Yang membedakan Sosis Solo dengan sosis pada umumnya adalah olahan daging pada Sosis Solo dibungkus menggunakan telur dadar dan daging yang digunakan biasanya tidak diolah sehalus sosis pada umumnya. Terdapat dua jenis yaitu Sosis Solo basah yang diolah dengan cara dikukus dan Sosis Solo Goreng. Selain itu, kamu juga dapat menjumpai Sosis Solo dengan isian tahu giling yang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima.

2. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak
(satyawinnie.com)

Makanan khas Solo yang kedua adalah Cabuk Rambak. Dinamakan Cabuk Rambak karena dihidangkan menggunakan rambak yang merupakan kerupuk kulit sapi. Namun dikarenakan harga kulit sapi yang semakin mahal, maka diganti menggunakan kerupuk nasi. Sayangnya makanan ini sudah termasuk makanan yang langka. Jika kamu ingin mencoba makanan yang satu ini, kamu bisa datang ke Pasar Gede yang berada di Kota Solo.

Baca juga → Pilihan Makanan dan Minuman Khas Medan untuk Kamu

3. Lenjongan

Lenjongan khas Solo
(merahputih.com)

Nah kalo makanan yang satu ini merupakan jajanan khas Solo yang jangan sampai kamu lewatkan. Sama seperti Cabuk Rambak, kamu bisa menemukan Lenjongan di Pasar Gede Solo. Jajanan ini terdiri dari ketan putih, ketan ireng, tiwul, gethuk, sawut, klepon dan cenil sehingga menciptakan berbagai macam rasa. Berbagai macam campuran makanan tersebut lalu ditaburi dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula jawa cair. Jajanan yang satu ini sangat cocok untuk menemani waktu senggangmu.

4. Tengkleng Solo

Tengkleng Solo
(wikipedia.org)

Jangan sampai kamu melewatkan makanan khas Solo yang satu ini jika kamu merupakan penggemar daging kambing. Makanan yang satu ini merupakan olahan kambing yang dibuat seperti gulai. Namun yang menjadi bahan utama bukan dagingnya melainkan tulang dari kambing. Jika kamu ingin menikmati Tengkleng Solo, rumah makan Tengkleng yang bisa kamu kunjungi saat ke Solo di antaranya adalah Tengkleng Bu Jito Dlidir, Tengkleng Klewer Bu Edi, Tengkleng Kambing Bu Pon dan Tengkleng Rica Pak Manto. Harganya bervariasi mulai dari 20 ribuan.

5. Timlo Solo

Timlo Solo
(travelingyuk.com)

Timlo Solo merupakan makanan khas Solo sejenis sup yang di dalamnya terdapat kembang tahu, suwiran ayam atau daging sapi, pindang kecap, irisan telur dan ati ampela. Rumah makan yang menyediakan Timlo Solo yang bisa kamu kunjungi adalah Timlo Solo Sastro, Timlo Maetro Solo dan Timlo Kwali Mangkunegaran.

Mungkin kamu ingin mengatahui → Makanan Khas Purwakarta yang Menggugah Selera

6. Nasi Liwet

Nasi Liwet Solo
(lifestyle.okezone.com)

Kamu tau nasi uduk? Nah kalo di Solo namanya adalah nasi liwet. Nasi liwet merupakan nasi yang diolah dengan santan sehingga menghasilkan rasa yang gurih. Biasanya nasi liwet disajikan bersama telur pindang, sayur labu siam dan telur areh. Rekomendasi rumah makan nasi liwet yang bisa kamu kunjungi adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Nasi Liwet Yu Sani, Nasi Liwet Bu Sarmi, Nasi Liwet Bu Parmi, dan Nasi Liwet Bu Sri. Harganya bervariasi mulai dari Rp 20 ribuan

7. Kupat Tahu

Tahu Kupat Solo
(poskotanews.com)

Seperti namanya, Tahu Kupat terbuat dengan bahan utama tahu goreng dan kupat (ketupat). Mungkin kamu juga pernah mendengar makanan yang bernama Kupat Tahu. Lalu mana yang benar? Tahu Kupat atau Kupat Tahu? Sebenarnya keduanya sama saja. Hanya saja sebutan Tahu Kupat identik dengan makanan khas Solo sedangkan Kupat Tahu identik dengan makanan khas Magelang.

Tahu goreng dan ketupat disiram dengan bumbu kacang. Namun Tahu Kupat tidak selalu menggunakan ketupat. Terkadang ketupat diganti menggunakan lontong. Bahan pelengkap pada sajian Tahu Kupat adalah mie, irisan kol, tauge dan bakwan.

Jika kamu ingin mencoba Tahu Kupat, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang menjual Tahu Kupat di Solo seperti Tahu Kupat Telor Sido Mampir Mbak Ida, Tahu Kupat Gombloh, Tahu Kupat Solo Masjid Sholikin dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencarinya melalui Google Maps.

8. Bestik

Sumber Bestik Pak Darmo
(food.detik.com)

Nah yang ini merupakan steak khas Solo. Kamu tahu steak? Nah kalo bestik ini juga merupakan sajian makanan daging sama seperti steak. Yang membedakan adalah di kuahnya. Jika steak menggunakan kuah kental, maka bestik ini menggunakan kuah encer.

Terdapat berbagai macam sajian bestik yang bisa kalian cicipi seperti bestik sapi, bestik ayam, bestik rempelo ati dan bestik lidah. Banyak sekali ya variannya. Biasanya bestik dilengkapi dengan kentang, wortel dan selada. Beberapa warung bestik yang bisa kamu kunjungi adalah Dapoer Bistik Solo, Sumber Bestik Pak Darmo, Harjo Bestik Bakmi, Warung Bestik Pak Pur dan masih banyak lagi.

Baca juga → Makanan dan Minuman Khas Semarang untuk Kamu Pencinta Kuliner

9. Brambang Asem

Brambang Asem
(cookpad.com)

Apa itu Brambang Asem? Brambang Asem merupakan makanan khas Solo berupa sayuran yang terbuat dari daun ubi jalar. Daun ubi jalar tersebut diberi bumbu yang terbuat dari campuran gula merah, asam jawa, cabai, bawang merah, garam dan lainnya.

Jika dilihat secara sekilas, Brambang Asem hampir mirip dengan pecel. Namun yang membedakan adalah pada bumbunya tadi. Sesuai dengan namanya, Brambang Asem menggunakan bumbu yang terbuat dari brambang (bawang merah) dan asem (asam jawa).

10. Selat Solo

Selat Solo
(unileverfoodsolutions.co.id)

Selat Solo merupakan makanan khas Solo hasil pengaruh hidangan Eropa. Terdiri dari sajian daging sapi disertai telur rebus dan berbagai macam sayuran seperti kentang, selada, tomat, mentimun, wortel dan lainnya yang biasanya dipotong memanjang.

Berbagai macam bahan tadi disiram menggunakan kuah encer yang terbuat dari campran bawang putih, kecap manis, cuka, pala dan merica. Rasa kuahnya manis dan memiliki ciri khas rasa tersendiri. Jika kamu sedang ke Solo, jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini.

11. Sate Buntel

Sate Buntel Solo
(inews.id)

Kamu suka dengan sate? Kalo sate khas Solo yang satu ini terbuat dari daging kambing yang sudah dicincang dan dibungkus dengan lemak kambing. Sate buntel diolah dengan cara dibakar seperti halnya sate pada umumnya. Bumbu yang digunakan adalah kecap manis dan merica.

Beberapa rekomendasi tempat Sate Buntel yang bisa kamu kunjungi adalah Sate Kambing-Buntel Pak H.Kasdi, Sate Kambing Mbok Galak, Sate Kambing “Pak Manto”, Sate Kambing Asli Tambak Segaran.

12. Bubur Tumpang

Bubur Tumpang
(kuliner.ilmci.com)

Bubur Tumpang sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Jika kamu sering makan bubur ayam di saat sarapan, maka saya merekomendasikan makanan yang satu ini untuk kamu coba. Tekstur buburnya sama seperti bubur ayam, yang membedakan adalah pelengkapnya. Jika bubur ayam pelengkapnya adalah ayam, maka Bubur Tumpang pelengkapnya adalah sambal Tumpang yang terbuat dari tempe semangit, kelapa parut dan santan.

13. Serabi Solo

Serabi Solo
(solovely.id)

Serabi merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras. Kalo di Solo sendiri namanya adalah Srabi Solo. Tepung beras dicampur dengan santan dan diolah dengan cara digoreng di atas arang. Santan yang digunakan dalam pembuatannya menghasilkan rasa gurih pada jajanan ini. Supaya lebih nikmat, biasanya Srabi Solo diberi berbagai macam taburan seperti meses, nangka, keju dan lainnya.

14. Es Gempol

Es Gempol
(travelingyuk.com)

Nah sekarang kita bahas tentang minuman khas Solo. Namanya adalah Es Gempol. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari gempol. Apa itu gempol? Gempol merupakan bola-bola yang terbuat dari tepung beras dan tapioka. Biasanya gempol diberi pewarna makanan supaya memiliki berbagai macam warna sehingga terlihat lebih menarik.

15. Wedang Asle

Wedang Asle Solo
(style.tribunnews.com)

Minuman ini merupakan minuman hangat khas Solo yang dibuat dengan jahe. Karena merupakan minuman hangat, maka Wedang Asle sangat pas dinikmati saat hujan atau suhu dingin. Pada sajian minuman ini terdapat potongan roti tawar, kacang hijau, tape singkong dan potongan nangka.

Itulah 15 makanan dan minuman yang dapat mewarnai perjalananmu saat berkunjung atau melewati Solo. Jika ada tambahan lagi, kamu bisa memberitahukannya melalui komentar di bawah ya. Terimakasih sudah berkunjung.