11 Makanan dan Minuman khas Tegal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

tahu upil
(instagram.com/kulinertegal)

Tegal merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Saat mendengar kata Tegal, yang pertama kali saya pikirkan adalah Warung Tegal yang bisa kita temukan di berbagai kota di Indonesia. Namun selain terkenal dengan Warung Tegalnya, ada juga makanan serta minuman khas Tegal yang bisa kamu cicipi. Apa sajakah itu?

1. Tahu Aci

tahu aci khas tegal
(cookpad.com)

Daftar yang pertama dari makanan khas Tegal adalah tahu aci. Tahu aci merupakan tahu yang berisi aci (tepung kanji). Biasanya bentuk dari tahu aci adalah segitiga dan diproses dengan cara digoreng. Tahu aci ini merupakan makanan yang sangat terkenal di Tegal sampai-sampai terdapat patung tahu aci di Kabupaten Tegal. Kamu bisa menjumpai banyak sekali penjual tahu aci di Kabupaten Tegal.

Rekomendasi untukmu: Makanan dan Minuman Khas Jepara yang Bisa Kamu Coba

2. Tahu Upil

tahu upil
(instagram.com/kulinertegal)

Selain tahu aci, ada juga tahu khas Tegal yang bernama tahu upil. Bahan utama yang digunakan sama seperti tahu aci yaitu tahu dan aci. Namun yang membedakan adalah tahu upil ini komposisi acinya lebih banyak daripada tahu. Bentuknya yang bulat kecil-kecil menjadi cikal bakal nama tahu upil.

3. Olos

olos tegal
(tokopedia.com)

Olos merupakan jajanan khas Tegal yang terbuat dari campuran antara tepung kanji dan tepung terigu. Olos memiliki rasa asin dan pedas. Biasanya jajanan ini berisi daun bawang, kol dan cabai. Bentuknya bulat dan memiliki harga yang terjangkau sehingga jajanan ini menjadi jajanan favorit pelajar dan mahasiswa.

4. Latopia

latopia khas tegal
(bobo.grid.id)

Masih seputar makanan ringan, Kabupaten Tegal juga memiliki makanan ringan khas yang bernama latopia. Makanan ini mirip seperti bakpia namun memiliki ukuran yang lebih besar dengan kulit yang lebih tebal. Terdapat berbagai macam isian seperti cokelat, keju, kacang hijau, durian dan masih banyak lagi. Jika kalian sedang berkunjung ke Tegal, makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

5. Glotak

Apakah kamu tau apa itu glotak? Glotak merupakan makanan khas Tegal yang terbuat dari gembus ditambah kaldu yang terbuat dari tulang sapi atau ayam dan aneka bumbu. Nama glotak katanya diambil dari proses pembuatan kaldu tulang yang saat diaduk berbunyi klotak klotak. Makanan ini sangat enak dinikmati bersama kerupuk antor. Kamu bisa menemukan glotak di pasar-pasar tradisional yang ada di Tegal.

Baca juga: Makanan Khas Garut yang Bisa Dicicipi dan Dijadikan Oleh-Oleh

6. Nasi Bogana

nasi bogana
(food.detik.com)

Kamu tahu nasi rames? Nah nasi bogana ini merupakan nasi rames yang berasal dari Tegal. Dalam nasi bogana terdiri dari nasi, opor ayam, telur pindang, oseng tempe, dendeng, buncis dan sambal. Nasi bogana ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makan siangmu saat berkunjung ke Tegal.

7. Rujak Teplak

rujak teplak
(bloggermaknyus.blogspot.com)

Yang unik dari rujak khas Tegal yang bernama rujak teplak ini adalah terdapat campuran singkong pada sambalnya. Makanan ini sudah menjadi menu turun temurun sejak lama. Isi dari rujak teplak ini adalah sayur-sayuran seperti daun kangkung, timun, tauge, pare, kacang panjang, dan singkong, daun pepaya, kembang turi dan masih banyak lagi. Makanan ini dapat ditambah dengan lontong, tahu putih, oseng-oseng gembus dan kerupuk mie.

8. Kupat Glabed

kupat glabed
(masakandapurku.com)

Nama glabed berasal dari kuah kental yang biasa disebut oleh orang Tegal glabed-glabed. Terdiri dari ketupat yang dipotong-potong dan mie kuning yang disiram dengan kuah glabed. Kuah glabed terbuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, kunyit, teh ketumbar, teh terasi, kemiri dan masih banyak lagi sehingga menciptakan cita rasa yang nikmat.

Kupat glabed sangat pas dinikmati bersama sate blengong. Blengong merupakan hasil perkawinan antara bebek dan itik. Kamu bisa mengunjungi alun-alun Tegal untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Mungkin kamu ingin membaca: Makanan Khas Sidoarjo yang Bikin Penasaran

9. Nasi Ponggol

nasi ponggol setan
(bukalapak.com)

Nah kalo makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai menu sarapan di Kabupaten Tegal. Pada menu nasi ponggol terdapat nasi dengan aneka lauk pauk dan dibungkus menggunakan daun pisang. Makanan ini sangat nikmat dimakan saat keadaan hangat.

10. Es Lontrong

es lontrong khas tegal
(lifestyle.okezone.com)

Setelah kita membahas tentang makanan khas Tegal sekarang kita bahas tentang minuman khasnya. Minuman khas Tegal pertama yang akan kita bahas di sini adalah es lontrong. Mungkin kamu baru kali ini mendengar nama dari minuman ini.

Minuman ini banyak dicari oleh orang-orang dari luar kota saat berkunjung ke Kabupaten ini. Minuman ini berisi kacang hijau dan cincau hitam disiram dengan air campuran santan dan sirup pandan merah. Bagaimana? Cukup unik bukan? Jadi jangan sampai melewatkan minuman yang satu ini saat berkunjung ke Kabupaten Tegal.

11. Es Sagwan

es sagwan
(wisnuwidiarta.com)

Selain es lontrong, ada juga minuman khas Tegal yang bernama es sagwan. Nama sagwan diambil dari nama orang yang pertama kali menciptakan minuman ini. Minuman ini berisi adonan panjang-panjang berwarna putih yang terbuat dari tepung kanji. Katanya minuman khas Kabupaten Tegal yang satu ini sudah ada sejak lama.

Nah itu tadi makanan dan minuman khas Kabupaten Tegal yang mungkin baru kamu ketahui. Jika ada makanan atau minuman khas Tegal lainnya yang belum ada dari daftar di atas bisa kamu beritahu melalui komentar di bawah ya.